Dana Desa Banyak Bermasalah, Pemkab Harus Punya Inisiatif

Budi Suryadi, Dosen Jurusan Pemerintahan FISIP ULM berpendapat, proses pembangunan desa berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 memang banyak kendala.

Dana Desa Banyak Bermasalah, Pemkab Harus Punya Inisiatif
net
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penyaluran dana desa di sejumlah daerah menuai masalah.

Budi Suryadi, Dosen Jurusan Pemerintahan FISIP ULM berpendapat, proses pembangunan desa berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 memang banyak kendala.

Aturan tersebut lebih ketat, dimana desa harus bisa mandiri dalam mengelola desanya, mulai dari pembuatan APBD, perencanaan sampai pelaporan sendiri.

Dia menuturkan, beberapa aparatur desa memang sudah bisa mengelola anggaran sendiri, tapi tidak semua desa bisa.

"Di sinilah peran pendamping desa itu menjadi penting. Mereka yang akan memberikan bimbingan kepada aparatur desa untuk mengelola bantuan yang ada. Tapi dari data yang saya terima, di Kalsel memang masih ada kekurangan pendamping desa. Ada sekitar 400 desa yang masih belum diberi pendamping," ujarnya.

Hal ini, kata Budi, jadi kendala karena banyak aparatur desa yang masih belum mengerti benar terkait pengelolaan desa yang benar sesuai undang-undang.

Ada kasus, dimana kepala desa menggunakan rekening pribadinya untuk menerima dana desa yang diberikan pemerintah, lantaran dia tidak tahu hal itu tidak boleh dilakukan.

"Di sini peran Pemkab, BMPD dan dinas terkait lainnya sebagai leading sektor menjadi sangat penting. Pemkab harus berinisiatif memberikan pendampingan agar desanya bisa mengelola dana yang ada," terangnya.

Kalau tidak, dana desa yang ada akhrinya tidak bisa dimanfaatkan untuk membangun desanya.

"Yang jadi pertanyaan, bagaimana niat dari Pemkab tadi untuk membangun desanya. Kalau memang niat memajukan desanya, harus difasilitasi. Dan itu butuh inisiatif dari Pemkab, tidak harus selalu menunggu dari pusat," tegasnya.

Penulis: Rahmadhani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help