Berita Tanahbumbu

Dua Komunitas Sepeda Asal Tanbu Ini Tidak Hanya Gelar Gowes

Tidak hanya bersepeda tapi juga peduli dengan lingkungan di sekitar, terutama yang menjadi rute gowes dilakukan dua komunitas gowes asal Pagatan

Dua Komunitas Sepeda Asal Tanbu Ini Tidak Hanya Gelar Gowes
Istimewa
Izas Fun Bike Klub (IFBK) dan Akang 70 saat menggelar penanaman pohon. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tidak hanya bersepeda tapi juga peduli dengan lingkungan di sekitar, terutama yang menjadi rute gowes dilakukan dua komunitas gowes asal Pagatan, Tanahbumbu, Izas Fun Bike Klub (IFBK) dan Akang 70.

Kedua komunitas ini kompak di sela-sela kegiatan ngontel itu melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon. Koordinator kegiatan gowes sambil penghijauan, Anwari Delmi mengatakan, penghijauan yang mereka lakukan kebanyakan di kawasan pendidikan dan fasilitas umum seperti sekolah dan Polsek.
"Yang sudah terlaksana di TK PAUD Terpadu Sepunggur Tanbu, Polsek Kusan hilir, dan lainnya," kata pria yang biasa dipanggil Avix ini.

Avix menjelaskan, jenis tanaman yang biasa ditanamnya adalah tanaman keras dan buah-buahan. Avix mengatakan, kegiatan bersepeda dari dua komunitas ini dilakukan rutin setiap Minggu yang selalu dibarengi dengan menanam pohon.

Menurutnya, kegiatan bersepeda juga perlu diselingi kegiatan amal yang bermanfaat untuk banyak orang. “Sengaja kali ini kami memilih menanam pohon di fasum. Masih banyak areal fasum yang masih kosong dari pepohonan. Kami berkomitmen untuk membantu program penghijauan,”katanya.

Avix menjelaskan, pihaknya menyiapkan ratusan bibit pohon untuk ditanam di tempat umum dan pendidikan dimana bibit diberikan dari Dinas Kehutanan Tanahbumbu. "Jadi kami berharap pohon-pohon yang ditanam ini bisa tumbuh besar, sehingga bermanfaat bagi orang banyak,” terangnya.

Tidak sekedar menebar bibit pohon, bahkan komunitas ini melakukan langsung penanaman dibeberapa tempat. Mengenai komunitasnya, Avix mengaku IFBC dan Akang 70 dibentuk satu tahun yang lalu. Saat itu kegiatan awalnya gowes bersama. "Lalu kami dipertemukan dan menjadi dua komunitas namun satu visi," lanjut dia.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved