Lifestyle

Dokter Cantik Ini Ajarkan Anaknya Yoga

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Peribahasa ini sangat pas untuk pasangan ibu dan anak, dr Azka Hayati dan Muhammad Davin Fazlullah (12).

Dokter Cantik Ini Ajarkan Anaknya Yoga
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
dr Azka Hayati saat mengajarkan anaknya, Muhammad Davin Fazlullah, olahraga yoga. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Peribahasa ini sangat pas untuk pasangan ibu dan anak, dr Azka Hayati dan Muhammad Davin Fazlullah (12).

Azka yang sangat menyenangi olahraga meditasi yoga juga diikuti sang anak satu-satunya tersebut. Alhasil keduanya pun rajin yoga bersama di rumah.
Staf instalasi rehabilitasi medik RSUD Ulin Banjarmasin, RSKB Siaga, RS Sari mulia ini meyakini yoga tidak hanya diperuntukkan untuk orang dewasa. Tapi yoga juga bisa dilakukan untuk anak-anak. Bahkan yoga untuk anak-anak ini justru memberikan manfaat baik untuknya.

"Tapi tentu saja yoga bagi anak-anak berbeda dengan orang dewasa profesional. Bagi saya yoga untuk Davin lebih kearah banyak bergerak dan menyenangkan saja," kata istri dari dr. Husna Dharma Putera, M.Si, Sp.OT ini.

Gerakannya lanjut dokter cantik ini juga banyak untuk menstimulasi mobilitas dan otak anak supaya seimbang kiri kanan. Sehingga diyakini bisa mendorong kreativitas.

Untuk manfaat dr Azka menjelaskan yoga yang dilakukan Davin mampu membuat pikiran disekolah mereka lebih fokus, lebih bisa meningkatkan konsentrasi.
Awalnya lanjut dia, Davin sama sekali belum tertarik yoga. Lalu dia melihat dr Azka yang merupakan dokter rehab mengajak salah satu pasien anak-anaknya ke rumahnya untuk ikut yoga.

"Saya sengaja bawa instruktur kerumah kebetulan saya juga suka yoga dan ajak pasien ikut. Lalu Davin melihat kami bermain itu sekitar dua tahun lalu lah," ujar dr Azka.

Davin yang sekolah kelas 7 di salah satu SMPIT lalu pulang mengeluh pada punggungnya. "Dia kan sekolah pakai ransel banyak yang dibawa jadi berat dan mengeluh pegal, apalagi Davin termasuk selalu tegang menghadapi hal yang baru dan lambat beradaptasi," katanya.

Lalu Davin diajarkan dr Azka gerakan ringan yoga yang ternyata terasa nyaman bagi Davin. Beberapa hari setelah itu Davin pun kembali mengajak ibunya untuk mengajarkan yoga.

"Namun Davin tidak mau diajarkan instruktur dia hanya minta ajarkan mamanya. Jadi kami sambil bermain belajar yoga sebab yoga kan ada bola-bolanya juga jadi bisa dijadikan mainan," tandas dia.

Dr Azka mengaku karena dia bukan instruktur dan tidak memiliki pengalaman banyak soal yoga meski rutin ikut yoga namun dia hanya mengajarkan cara gerakan-gerak simple yang dapat mendukung dan meningkat kecerdasan emosi saja.

"Gerakan standart saja oke standing balance, tri pose sambil diajak bermain agar anak lebih senang, kalau serius dia belum mengerti karena sifat anak-anak suka bermain," sebut dia.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved