Berita Regional

Penerimaan Mahasiswa Baru 2017 Resmi Dimulai, Simak Informasinya di Sini

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah resmi meluncurkan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi

Penerimaan Mahasiswa Baru 2017 Resmi Dimulai, Simak Informasinya di Sini
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Ketua SNMPTN-SBMPTN 2017, Ravik Karsidi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SOLO - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah resmi meluncurkan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2017, Jumat(13/1/2017).

Kegiatan PMB dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Secara resmi telah dibuka oleh Bapak Menteri, Mohammad Nasir hari Jumat, dan proses SNMPTN 2017 sudah dimulai sejak Sabtu (14/1/2017) , " kata Ketua SNMPTN dan SBMPTN 2017, Ravik Karsidi di Solo, Senin (16/1/2017).

SNMPTN dan SBMPTN dilakukan dengan landasan konseptual diantaranya, untuk membangun satu kesatuan sistem pendidikan nasional melalui integrasi vertikal pendidikan menengah dengan tinggi.

Kemudian memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa lulusan sekolah menengah yang mempunyai prestasi akademik untuk dapat menempuh pendidikan tinggi program sarjana.

"Juga untuk membangun budaya akademik yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan edukasi nasional penggunaan teknologi informasi, " tambah Ravik.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, masih ada juga pola PMB lain, yakni jalur seleksi mandiri.

"Untuk seleksi mandiri, diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN, " jelas Ravik.

Adapun untuk pelaksanaan SBMPTN dilakukan dengan ujian tertulis dengan bentuk Computer Based Test (CBT) dan Paper Based Test (PBT).

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa membuka menggunakan layanan informasi resmi di laman SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id. Dan untuk informasi SBMPTN di laman http://www.sbmptn.ac.id. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help