Lima Puskesmas di Balangan Akan Terakreditasi

Setelah tiga puskesmas di Kabupaten Balangan tahun 2016 siap terakreditasi yaitu Puskesmas Paringin, Paringin Selatan, dan Juai.

Lima Puskesmas di Balangan Akan Terakreditasi
amir yusuf
Ilustrasi - Puskesmas di Jalan Tanjung Keramat No 2 Basirih Baru, Banjarmasin Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Setelah tiga puskesmas di Kabupaten Balangan tahun 2016 siap terakreditasi yaitu Puskesmas Paringin, Paringin Selatan, dan Juai.

Di tahun 2017 Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menyatakan lima Puskesmas lagi harus siap terakreditasi.‬

Pelaksanaannya sendiri sudah dimulai Januari ini yaitu pelaksanaan pendampingan oleh tim pendamping Dinkes, sehingga sebelum akhir tahun sudah terakreditasi.

‪Kepada BPost, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H.A.Nasa’i, S.Kep, MM mengungkapkan lima Puskesmas yang harus terakreditasi tahun 2017 ini adalah Puskesmas Tebing Tinggi, Batumandi, Awayan, Halong, dan Puskesmas Lampihong.‬

‪“Untuk itu maka sejak awal tahun ini kami mulai menyusun jadwal pendampingan kepada lima puskesmas tersebut yang kegiatannya dimulai dengan Puskesmas Tebing Tinggi pada hari ini,” ungkapnya.‬

‪Ditambahkannya, akreditasi Puskesmas ini perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian menjamin diselenggarakannya pelayanan kesehatan primer kepada pasien dan masyarakat, meningkatkan pendidikan pada staf Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya, adanya akreditasi ini juga meningkatkan pengelolaan risiko baik pada pelayanan pasien baik di Puskesmas maupun fasyankes primer lainnya, dan penyelenggaraan upaya puskesmas kepada masyarakat.

"Selain itu membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf fasyankes primer, meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja, serta meningkatkan keamanan dalam bekerja," jelasnya.

‪Menurutnya semua itu sesuai dengan target, dari 12 Puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan di tahun 2019 semuanya telah terakreditasi.(*)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help