Berita Balangan

Pencuri Besi Milik PT Buma Ditangkap Polsek Paringin, Ini Jumlah Kerugiannya

Hilangnya besi bekas milik perusahaan PT Buma di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan akhirnya terungkap.

Pencuri Besi Milik PT Buma Ditangkap Polsek Paringin, Ini Jumlah Kerugiannya
Istimewa
Kedua pelaku MF dan HS memperlihatkan lokasi dimana merek mencuri besi milik PT Buma, Paringin, Balangan, Minggu (22/1/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Hilangnya besi bekas milik perusahaan PT Buma di Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan akhirnya terungkap.

Sabtu (21/1/2017) sekitar pukul 06.00 Wita, dua pelaku diamankan oleh pihak security PT Buma dan kemudian dilaporkkan ke Unit Reskrim Polsek Paringin.

Kedua pelaku tersebut adalah MF dan HS, kedua diketahui merupakan karyawan PT Al Trak. Kasubag Humas Polres Balangan Aiptu Piktrus membenarkan, jajaran Polsek Paringin telah mengamankan dua orang tersebut.

Disebutkannya, kedua pelaku tersebut telah mencuri besi bekas milik PT Buma di area penumpulan besi bekas dan barang.

Adapun besi dan barang yang diambil oleh kedua pelaku adalah berupa tujuh buah besi kuku baket pc 200, dua roller dan satu besi bolat.

"Kedua pelaku akhirnya ketahuan oleh pihak security PT buma, kemudian diamankan, lanjut dilaporkan ke Unit Reskrim Polsek Paringin," ujar Piktrus.

Kedua pelaku yang sama-sama berasal dari Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong ini dikenakan pasal pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 363 ayat (1) butir 3 dan 4 KUHP.

Masih dikatakan Piktrus, dari hasil keterangan kedua pelaku bahwa benar telah mengakui mengambil besi bekas milik PT Buma dan telah menjualnya kepada pengumpul besi.

"Besi yang dicuri telah mereka jual ke saudara Mustoha alias Pak De selaku pengumpul besi, dari hasil penjualan tersebut dengan berat besi bekas 380 kg dengan jumlah uang sebesar Rp 956.000," jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan keterangan kedua pelaku polisi juga langsung mengamankan pengumpul besi tersebut guna mengambil barang bukti yang telah dijual dan juga untuk proses pengembangan.

Akibat dari kejadian tersebut jika ditotalkan seluruh besi dan barang yang dijual oleh kedua pelaku, pihak perusahaan PT buma mengalami kerugian sebesar Rp 5.100.000.

"Kini pelaku dan barang bukti sudah diamankan guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," pungkas Piktrus.

Penulis: Elhami
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help