Berita Banjarmasin

Perselisihan Antara Pekerja dan Pengusaha Meningkat 15 Persen

Perselisihan antara pekerja dengan pengusaha di pengadilan hubungan industrial meningkat antara 10 sampai 15 persen.

Perselisihan Antara Pekerja dan Pengusaha Meningkat 15 Persen
banjarmasinpost.co.id/hasby
Apindo Kalsel menggelar Diskusi Panel Strategi Beracara di Pengadilan Hubungan Industrial 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perselisihan antara pekerja dengan pengusaha di pengadilan hubungan industrial meningkat antara 10 sampai 15 persen. Baru-baru tadi, Apindo Kalsel menggelar Diskusi Panel Strategi Beracara di Pengadilan Hubungan Industrial.

Dalam diskusi itu menghadirkan pembicara Hakim Pengadilan Hubungan Industrial Pengadilan Negeri Banjarmasin, Fahmi Faisal, dan mantan Hakim Hubungan Industrial, Hasan Yuniah.

Ketua DPP Apindo Kalsel, Supriadi mengatakan, apabila terjadi permasalahan ketenagakerjaan yang penyelesaianya sampai ke pengadilan hubungan ndustrial maka Apindo akan mendampingi pengusaha beracara di pengadilan hubungan industrial.

Tentu saja dengan syarat telah melapor sebelumnya ke tim advokasi Apindo. Dia mengakui, beberapa tahun terahir ini dengan melemahnya kondisi ekonomi di Kalsel jumlah perselisihan hubungan industrial meningkat.

"Hal ini seiring dengan dampak banyaknya teman-teman pengusaha yang merumahkan karyawan dan sebagian menutup usahanya," katanya.

Pada diskusi panel itu, diikuti sekitar 100 pengusaha di Kalsel yang merupakan anggota Apindo. Diskusi digelar untuk memberikan masukan kepada pengusaha apabila terjadi permasalahan ketenagakerjaan yang penyelesaianya sampai ke pengadilan hubungan industrial.

Hubungan industrial yang berperkara di pengadilan didominasi sektor tambang, sektor perkebunan dan perkayuan. Mengingat, semenjak krisis ekonomi makin banyak pekerja yang dirumahkan dan sebagian ada yang sampai ke pengadilan hubungan industrial.

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help