Berita Nasional

Kemenpan-RB: Tahun Ini Penyandang Disabilitas Bisa Jadi PNS

"Disabilitas itu juga yang menjadi formasi khusus kita. Tahun ini kami buka untuk formasi khusus"

Kemenpan-RB: Tahun Ini Penyandang Disabilitas Bisa Jadi PNS
ant/kontan

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANDUNG - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka formasi khusus dalam proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. Salah satu bentuk dari formasi khusus itu adalah mengalokasikan sebagian kuota untuk penyandang disabilitas.

"Disabilitas itu juga yang menjadi formasi khusus kita. Tahun ini kami buka untuk formasi khusus. Mulai sekarang sudah dibuat formasi," kata Menpan-RB Asman Abnur di Hotel Grand Royal Panghegar, Kota Bandung, Rabu (25/1/2017).

Selain itu, formasi khusus juga disediakan untuk lulusan dari sekolah-sekolah pendidikan kedinasan.

Untuk mendapatkan kualitas PNS yang baik, standar nilai akademik kelulusan perguruan tinggi pun ditingkatkan. Diutamakan, lulusan dengan nilai cumlaude.

Soal akreditasi, Asman membatasi CPNS yang akan diterima bekerja hanya berasal dari perguruan tinggi dengan akreditasi A. "ASN harus bersumber dari anak-anak jebolan universitas akreditasi A. Kalau ASN kita seperti itu tidak akan kalah dari swasta," paparnya.

Tidak hanya soal akademik saja, formasi khusus CPNS juga dibuka untuk mereka yang memiliki prestasi olahraga. "Atlet-atlet berprestasi yang punya prestasi internasional mendali emas olimpiade dan nasional. Kemudian, Kementerian PANRB juga membuka kesempatan untuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help