Ini Tips Didik Anak Supaya ada Kelekatan Psikologis dengan Orangtua yang Sibuk Bekerja

Orangtua tak harus 24 jam bersama anak-anaknya. Terpenting saat ketemu itu benar- benar berkualitas atau kualitas waktu

Ini Tips Didik Anak Supaya ada Kelekatan Psikologis dengan Orangtua yang Sibuk Bekerja
BANJARMASINPOST.CO.ID/EDI NUGROHO

BANJARMASINPOST.CO.ID- Orangtua tak harus 24 jam bersama anak-anak. Namun, terpenting saat ketemu itu benar- benar berkualitas atau waktu terbaik (qualty time) sehingga memberikan dampak kelekatan psikologis bagi anak-anak.

Tips mendidik anak secara efektif agar ada kelekatan psikologis dengan orangtua disela kesibukan waktu bekerja ini sebagaimana disampaikan Psikolog Klinis RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin, Melinda Bahri, S.Psi.

Mendidik anak perlu kesepakatan dan kekompakan suami istri. Baik seorang ayah dan ibu sama-sama punya peran dalam tumbuh kembang anak secara psikologis.

Jika suami dan istri itu sama-sama sibuk bekerja, maka perlu ada kesepatakan untuk memberikan waktu terbaik kepada anak-anak.

"Waktu efektif bagi suami istri yang sibuk bekerja, adalah sore sampai malam hari untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak. Bisa juga saat makam malam bersama," kata Melinda, Kamis (26/1/17).

Dalam komunikasi orangtua dan anak tersebut, sambungnya, selain kehangatan dan terjadi kelekatan psikologis antara anak dan orangtua, anak juga harus bisa merasa dibutuhkan dan membutuhkan orangtua.

"Orangtua menjadi tempat untuk curhat, berbagi cerita saat ada masalah di sekolah dan mencari solusi masalah bagi anak," kata Melinda.

Dalam teori pola asuh, sambung Melinda, tak ada peran ayah saja dan peran ibu saja. Namun, keduanya punya peran yang sama dalam tumbuh kembang anak. Anak bisa belajar sisi maskulin, keberanian dan ketangguhan dari sosok ayah.

"Anak juga bisa belajar, kelembutan, femininitas, kesabaran dan empati dari sosok seorang ibu," tegas Melinda.

Dikatakan Melinda, . (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help