Pengusaha Disarankan Gabung AOE Agar Ekspor Impor Lancar

Perusahaan yang mendapatkan sertifikasi AOE bisa lebih mudah dan cepat dalam menjalankan kegiatan ekspor impornya.

Pengusaha Disarankan Gabung AOE Agar Ekspor Impor Lancar
sudarti
Arus bongkar muat kontainer di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemkeu) mendorong agar pengusaha bergabung dalam Authorized Economic Operator (AOE). Perusahaan yang mendapatkan sertifikasi AOE bisa lebih mudah dan cepat dalam menjalankan kegiatan ekspor impornya.

AOE merupakan operator ekonomi bersertifikat yang mendapatkan pengakuan dari Dirjen Bea Cukai untuk mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu pada aktivitas ekspor impor dari dan ke negara terlibat.

Kesepakatan AOE telah ditandatangani oleh 160 negara anggota World Custom Organization dan telah diterapkan pada 64 negara.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, hingga Januari 2017, sudah ada 35 perusahaan yang mendapatkan sertifikat AOE. Perusahaan-perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan importir, perusahaan eskportir, dan perusahaan jasa titipan.

"Saya mengimbau pengguna jasa, perusahaan, kalau ingin bergabung dengan AOE, kami sambut baik dan senang," kata Heru saat bincang-bincang di Kanal Bea Cukai Radio, Kamis (26/1).

Lebih lanjut menurut Heru, untuk mendapatkan sertifikat AOE memang tidak mudah. Perusahaan akan diperiksa secara komprehensif, mulai dari sistem inventarisasi, kontrol internal, pembukuan, dan sebagainya. Namun Heru bilang, pihaknya telah menyediakan tim khusus untuk memandu perusahaan.

"Jadi kalau mau bergabung, tentu akan ada asistensi dan kemudian verifikasi. Tentu dilakukan dengan tata kelola yang baik. AOE juga merupakan salah satu poin bagi perushaan kinerjanya, baik pertner bisnis, maupun pemerintah," tambah Heru. (KONTAN)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved