Liga Indonesia

Ribuan Siswa Yatim Piatu Terima KIP dari Presiden Jokowi

Pembagian KIP ini dilakukan saat Jokowi membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2017, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran

Ribuan Siswa Yatim Piatu Terima KIP dari Presiden Jokowi
kompas.com
Siswi SD menunjukkan Kartu Indonesia Pintar dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2017, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, Kamis (26/1/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada siswa Panti Asuhan di wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek).

Pembagian KIP ini dilakukan saat Jokowi membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2017, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Total anak yatim piatu se-Jabodetabek yang menerima KIP adalah 2.844 siswa dari 309 sekolah.

Jumlah itu terdiri atas 909 siswa Sekolah Dasar, 992 siswa Sekolah Menengah Pertama, 223 siswa Sekolah Menengah Atas, 628 siswa Sekolah Menengah Kejuruan, dua siswa Sekolah Luar Biasa dan 90 siswa Kejar Paket.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada sepuluh siswa, yaitu Siti Saiyah dan Fahrul Roji dari SD Negeri Tangerang 19, Ali Ridwan Adeputra dan Junah dari SMP Negeri 1 Tangerang Selatan.

Siti Sarifah dan Galeh Prasetyo dari SMASl Islam Asy Syifa, Jujun Gustiawan dan Maulida Fitri R dari SMK Insan Mulia, Maryamul Lutfiyah dan Muhammad Aji Wahyudin dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahul Jannah serta Muhammad Lutfi dan Evrista dari SLB Negeri 7 Jakarta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap penyerahan KIP tidak menghadapi kendala karena identitas siswa yatim piatu sebagai penerima sudah jelas tertera di kartu tersebut.

"Kemendikbud yakin tidak ada masalah besar yang dihadapi pemerintah dalam mendistribusikan KIP untuk anak yatim piatu ini," kata dia.

Muhadjir menambahkan, pemberian KIP kepada 2.844 siswa yatim piatu di wilayah Jabodetabek ini sebagai upaya membangun pendidikan dan kebudayaan yang merata, berkeadilan dan berkualitas, yang merupakan salah satu titik fokus pemerintah di tahun 2017 ini.

Total keseluruhan anak yatim yang akan menerima KIP di seluruh Indonesia pada tahun 2017 ini adalah 736.848 siswa.

“Pada tahun 2017 sasaran KIP ditargetkan sejumlah 17,9 juta siswa dari keluarga miskin termasuk peserta didik yatim piatu dari sekolah atau panti sosial dan panti asuhan,” ujarnya.

Pembagian KIP bagi anak yatim ini merupakan permintaan langsung dari Jokowi. Jokowi meminta agar kartu yang bertujuan membantu anak tidak mampu untuk bersekolah itu juga dibagikan khusus untuk anak yatim piatu.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved