Berita Banjarmasin

Begini Cara Memilih Olahraga yang Tepat

Selama ini orang banyak memilih latihan fisik atau olahraga sesuai keinginannya, misalnya ingin olahraga bulutangkis, zumba, hingga renang.

Begini Cara Memilih Olahraga yang Tepat
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Sebelum berniat untuk olahraga perlu pengecekkan kebugaran diri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama ini orang banyak memilih latihan fisik atau olahraga sesuai keinginannya, misalnya ingin olahraga bulutangkis, zumba, hingga renang. Namun perlu diketahui bahwa tak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh setiap orang.

Sebelum berniat untuk olahraga perlu pengecekkan kebugaran diri.

Diungkapkan dokter BKOM Kalsel, Rinah Dharmawati biasanya ada saja yang saat senam ngos-ngosan. Ini menunjukkan bahwa dirinya tidak sanggup mengikuti olahraga tersebut.

"Sementara instruktur tidak mau tahu, mereka ingin agar semua bergerak," ujarnya, Minggu (29/1) di halaman Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Pada dasarnya olahraga terdiri dari tiga tipe, tipe satu atau olahraga ringan misalnya joging, naik sepeda. Tipe dua contohnya renang dan senam. Dan tipe ketiga yaitu olahraga rekreasi atau permainan.

Jika Anda belum pernah olahraga dan tidak tahu kebugaran Anda, maka bisa terlebih dahulu dengan olahraga ringan atau tipe satu. Setelah berolahraga ringan selama tiga bulan baru bisa melakukan olahraga tipe dua dan selanjutnya.

"Jika dipaksakan khawatirnya paru-paru tidak sanggup, makanya sering terjadi kecelakaan saat berolahraga," ujarnya.

Ditambahkan ketua BKOM Kalsel, Agus Moo Duto tak sesuainya kebugaran dengan olahraga yang dilakukan juga turut mengurangi konsentrasi.

"Ada yang sepedaan tapi dalam keadaan badan tidak bugar terjadi kecelakaan, begitu juga saat touring tidak bugar sering terjadi kecelakaan, nanti jalan yang disalahkan," ungkapnya.

Penulis: Milna Sari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved