Berita Tabalong

Apa Hebatnya ya? Desa di Wilayah Ujung Kalsel Ini Bersaing ke Tingkat Nasional

Dinilai berhasil dalam pencapaian peserta keluarga berencana (KB) serta didukung kegiatan PKK dan Kesehatan, Desa Masingai I di Kecamatan Upau, Kabupa

Apa Hebatnya ya? Desa di Wilayah Ujung Kalsel Ini Bersaing ke Tingkat Nasional
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Desa Masingai I Tabalong, wakili Kalsel ke tingkat nasional. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Dinilai berhasil dalam pencapaian peserta keluarga berencana (KB) serta didukung kegiatan PKK dan Kesehatan, Desa Masingai I di Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, diberi kepercayaan berlaga ditingkat nasional.

Kepercayaan ini diberikan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel kepada desa yang berada di kabupaten paling ujung bagian utara Kalsel ini, untuk mengikuti lomba tingkat nasional tentang Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tahun 2017, untuk capaian 2016.

Untuk persiapan mengikuti lomba ini, BKKBN bersama TP PKK dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel melakukan kunjungn ke desa tersebut, Rabu (25/1/2017) lalu.

Kedatangan tim ini untuk bisa melaihat secara langsung bagaimana capaian peserta keluarga berencana (KB), kegiatan PKK dan Kesehatan.

Untuk capaian peserta KB di Desa Masingai I, sebanyak 84,04 persen dan merupakan capaian tertinggi se-Tabalong.

Peserta Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan yang tertinggi capaiannya. Dari target 21 persen berhasil mencapai 35 persen lebih.

Kepala Dinas Perberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong, H Hormansyah, mengatakan dari 85,04 persen total peserta KB, untuk yang menggunakan MKJP 35 persen. Sedangkan targetnya dari target 21 persen.

MKJP dipilih karena memang bisa memudahkan bagi peserta KB. Tidak seperti suntik dan obat yang harus rutin untuk menerapkannya.

"Supaya lebih mudah kita mengarahkan mereka untuk beralih ke Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), meliputi IUD, Implant, Medis Operasi Pria (MOP), Medis Operasi Wanita (MOW)," jelasnya.

Ditambahkan Hormansyah juga, dengan terpilihnya Desa Masingai I ini, maka pihaknya bersama TP PKK dan Dinas Kesehatan Tabalong akan melakukan pembinaan untuk menambah persiapan. (*)

Penulis: Dony Usman
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved