Berita Martapura

Ini Alasan Mahasiswa ULM Ajarkan Warga Kelampaian Bikin Kompos

Mereka antusias mengikuti pemaparan mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM yang membagikan ilmu mereka tentang pengolahan pupuk

Ini Alasan Mahasiswa ULM Ajarkan Warga Kelampaian Bikin Kompos
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM yang membagikan ilmu mereka tentang pengolahan pupuk kompos kepada warga di Desa Kelampaian Ulu dan Kelampaian Tengah berkumpul di lokasi TPST Kelampaian Ulu, Rabu (1/2/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Warga Desa Kelampaian Ulu dan Kelampaian Tengah berkumpul di lokasi TPST Kelampaian Ulu.

Mereka antusias mengikuti pemaparan mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM yang membagikan ilmu mereka tentang pengolahan pupuk kompos kepada warga di dua desa tersebut, Rabu (1/2/2017).

"Pelatihan Kompos yang diberikan mahasiswa ini sangat bermanfaat sekali karena masyarakat banyak tidak tahu sampah organik ini bisa dimanfaatkan diolah pupuk kompos. Tentu senang, kami bisa olah pupuk dan digunakan untuk tanaman di kebun,"Kaur Pembangunan Desa Kalampaian Ulu, Jumri.

Ketua Kelompok Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM, Ahmad Muzakir menjelaskan, pelatihan pembuatan kompos ini merupakan bagian dari kegiatan PBL yang dilaksanakan mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat di Desa Kelampaian Ulu dan Tengah.

Mengapa mereka memberikan pelatihan pembuatan kompos? Menurut Muzakir, karena selama ini masyarakat tidak memanfaatkan sampah rumah tangga yang mereka hasilkan untuk diolah menjadi produk yang bermanfaat.

"Kami berharap melalui pelatihan ini warga disini bisa mengaplikasikan apa yang mereka dapat sehingga mereka mampu mengolah pupuk kompos sendiri. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi beli pupuk. Selain itu, sampah tidak lagi dibuang ke sungai sehingga mengotori sungai," katanya.

Penulis: Hari Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help