Berita Hulu Sungai Tengah

Longsor Sejak 2016, Jalan Pagat Hulu Kondisinya Makin Memprihatinkan

Jalan beraspal yang lebarnya sekitar empat meter itu kondisinya memprihatinkan. Sekitar tiga meternya dari lebar jalan aspal sudah anjlok akibat

Longsor Sejak 2016, Jalan Pagat Hulu Kondisinya Makin Memprihatinkan
hanani
Longsor di Desa Pagat Hulu, Kecamatan Batubenawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BARABAI -Warga Desa Pagat Hulu, Kecamatan Batubenawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengkhawatirkan kondisi jalan di desa mereka, yang mengalami longsor sejak Nopember 2016 lalu.

Jalan beraspal yang lebarnya sekitar empat meter itu kondisinya memprihatinkan. Sekitar tiga meternya dari lebar jalan aspal sudah anjlok akibat longsor, sehingga jalan pun menyempit.

Amir, warga setempat menyatakan, memang mobil masih bisa lewat dengan mengambil jalan beberapa meter dari pekarangan warga.

Namun, hanya orang tertentu yang berani melewatinya, karena dikhawatirkan kondisi tanahnya masih labil. Apalagi di bagian aspal tersisa, tak ada lagi lapisan tanah penyangganya.

“Dikhawatirkan warga adalah para petanai sayur, yang tiap malam mengangkut hasil buminya ke Pasar Hanyar Barabai. Kadang mengangkutnya tengah malam, sehingg ada kekhawatiran terbatasnya penglihatan, meski sudah diberi tanda sekedarnya membuat mereka bisa terjatuh,”tutur Amir.

Diakui selama ini belum pernah ada korban jiwa. Namun, warga berharap, Pemkab HST melalui DInas PU mencarikan solusi mengatasi masalah tersebut.

Adapun panjang jalan yang longsor sekitar 30 meter. Ardani, warga lainya mengatakan, sebelum longsor, Dinas PU membuat bronjong batu di pinggir sungai, bawah jalan.

Namun, diduga karena tanah mulai labil akibat beberapa kali dihantam arus banjir, ditambah dilakukan penumpukan batu gunung di tepi jalan aspal tersebut, jalan itu pun menjadi longsor.(Banjarmasin Post/Hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved