Inilah Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Sebagian besar dari kita mungkin akan langsung ingat susu jika diminta menyebut sumber kalsium, namun ternyata banyak makanan lain selain susu

Inilah Makanan Sumber Kalsium Selain Susu
sajiansedap.com
Inilah Makanan Sumber Kalsium Selain Susu 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebagian besar dari kita mungkin akan langsung ingat susu jika diminta menyebut sumber kalsium, namun ternyata banyak makanan lain selain susu yang merupakan sumber kalsium. Tidak salah. Susu memang salah satu sumber utama mineral bersimbol Ca ini. Selain kadarnya tinggi, kalsium susu juga mudah diserap oleh tubuh.

Selain susu dan turunannya (seperti keju dan yoghurt), masih ada banyak sumber kalsium lain seperti sayuran hijau, ikan yang kita makan bersama tulangnya, biji-bijian, kacang-kacangan, rumput laut, dan sejenisnya. Sekalipun kadar kalsium makanan-makanan ini tidak setinggi kalsium susu, semua bahan pangan di atas bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian kita walaupun kita tidak minum susu.

Di kelompok sayuran hijau, kita bisa mendapatkan kalsium terutama dari brokoli. Sebetulnya bayam juga mengandung banyak kalsium. Akan tetapi sayuran yang bisa dimasak bening ini juga banyak mengandung asam oksalat yang bisa mengurangi penyerapan kalsium.

Apakah itu berarti bahwa kita tidak boleh makan banyak bayam? Tentu tidak demikian. Bayam tetap dianjurkan untuk kita konsumsi sebagai salah satu sumber kalsium. Namun, agar penyerapan kalsium optimal, sebaiknya kita tidak mengonsumsinya bersamaan dengan makanan tinggi kalsium lainnya misalnya susu atau ikan yang kita makan tulangnya. Selain dari brokoli dan bayam, kita juga bisa mendapatkan kalsium dari aneka sayuran hijau lainnya.

Di kelompok kacang-kacangan, kita bisa mendapatkan kalsium dari kedelai (dan turunannya seperti tempe dan tahu), kacang hijau, dan sejenisnya. Sama seperti pada bayam, sumber kalsium kelompok ini juga mengandung zat yang menghambat penyerapan kalsium, yaitu asam fitat. Tapi jangan khawatir, kita bisa mengurangi efek buruk fitat ini dengan cara mengonsumsi kacang-kacangan dalam bentuk fermentasi atau kecambah.

Sementara dari kelompok ikan, kita bisa mendapatkan kalsium dari ikan-ikan kecil yang banyak dijual sebagai ikan kering dengan berbagai jenisnya, terutama ikan teri. Sekalipun ikan sudah dikeringkan, kadar kalsiumnya tidak menurun sebab mineral ini sangat stabil. Meski begitu, ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu kadar garamnya.

Untuk mengurangi efek buruk ini, kita bisa memilih ikan kering yang tak begitu asin. Atau, kita bisa mengurangi kadar garam ikan kering itu dengan cara merendamnya dengan air hangat lalu meniriskannya—tentu saja jika cara ini tidak mengganggu proses memasak.

Selain dari ikan kering, kita juga bisa mendapatkan kalsium dari ikan yang dipresto, misalnya bandeng. Proses presto membuat tulang lunak sehingga bisa mudah dikunyah sekaligus membuat kalsium lebih mudah larut dan diserap di saluran cerna. Ikan sarden sebetulnya juga termasuk salah satu sumber kalsium yang baik karena kita biasa makan ikan ini beserta tulangnya.

Hampir semua jenis bahan pangan sehari-hari, baik nabati maupun hewani, sebetulnya mengandung kalsium dalam jumlah kecil. Bahkan air mineral yang kita minum sehari-hari (yang bisanya berasal dari pegunungan) pun mengandung kalsium dalam jumlah kecil. Kita tahu, kalsium adalah penyusun batu kapur yang banyak terdapat di pegunungan.

Itulah jenis-jenis makanan sumber kalsium selain susu. Mari mengonsumsinya agar tubuh selalu sehat.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved