Home »

Techno

» News

Techno

Telkom Samarinda Prioritaskan Bangun Jaringan Fiber Optik

Secara bertahap, Telkom Samarinda membangun jaringan akses fiber untuk melayani demand yang masih cukup tinggi.

Telkom Samarinda Prioritaskan Bangun Jaringan Fiber Optik
kompas.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Secara bertahap, Telkom Samarinda membangun jaringan akses fiber untuk melayani demand yang masih cukup tinggi.

Selain itu, jaringan akses fiber yang dibangun tersebut juga dimanfaatkan untuk menggantikan jaringan akses non-fiber (tembaga dan coax) guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Indihome yang sudah ada (eksisting).

Hal ini disampaikan langsung oleh Masudi selaku Manager War Room PT Telkom Indonesia yang berkedudukan di Jalan Dahlia, Samarinda.

Penggantian dari jaringan akses non fiber ke jaringan akses fiber (migrasi teknologi) menjadi program andalan, karena Telkom Samarinda mempunyai komitmen yang tinggi untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan Indihome.

Selama Januari-Desember 2016 yang lalu, Telkom Samarinda berhasil menambah jumlah pelanggan Indihome sebanyak 16,6 ribu nomor sehingga jumlah pelanggan Indihome tahun 2016 menjadi 31,1 ribu nomor, atau growth 87% dibandingkan tahun 2015 sebanyak 14,5 ribu nomor.

"Dari 31,1 ribu nomor Indihome tersebut, proporsi pelanggan yang sudah menggunakan teknologi fiber optik sebanyak sekitar 31% (Indihome Fiber), sedangkan sisanya masih menggunakan akses tembaga (copper) dan coax," jelasnya dalam wawancara melalui surel yang dilakukan Tribun Kaltim.

Program Penggantian ke jaringan fiber optik (Migrasi Teknologi) ini ujarnya sangat penting dan relevan lantaran karena jaringan kabel tembaga yang ada saat ini sudah berusia tua.

Selain itu banyaknya kasus pencurian kabel tembaga, keterbatasan stok suku cadang jaringan tembaga atau alat sambung yang menyebabkan lamanya waktu gangguan, serta trend atau tuntutan layanan yang membutuhkan kecepatan data tinggi yang saat ini tidak mampu dilayani oleh jaringan kabel tembaga.

"Di tahun 2017 ini, Telkom Samarinda ditargetkan dapat menambah 28 ribu pelanggan baru Indihome fiber. Potensi pelanggan baru ini diharapkan dari seluruh area layanan Telkom Samarinda yang sudah terjangkau akses fiber yaitu dari Samarinda, Tenggarong, Bontang dan Sangatta," ujar Masudi menambahkan. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help