Makanan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Untuk penderita asam urat (artritis gout), simaklah aneka makanan dan minuman yang aman untuk Anda konsumsi.

Makanan Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat
sajiansedap.com
Jika ingin memasak, Anda bisa memadukan bahan seperti tempe, tahu, oncom, dan susu tanpa lemak. Bahan makanan ini bisa dikonsumsi dalam porsi normal setiap hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Untuk penderita asam urat (artritis gout), simaklah aneka makanan dan minuman yang aman untuk Anda konsumsi. Soalnya, serangan rasa sakit dan ngilu di persendian bisa terjadi kapan saja. Apa lagi jika Anda tidak bisa memilah makanan apa yang layak dikonsumsi, khususnya yang mengandung purin tinggi.

Aneka jeroan dan masakan bersantan jelas sudah harus dicoret dalam daftar makanan Anda. Namun ternyata masih banyak bahan makanan tinggi purin lainnya seperti udang rebon, kerang, daging bebek, ikan mackerel, sarden, alkohol, ragi, roti manis, hingga aneka makanan yang diawetkan.

Purin yang tinggi mengakibatkan ginjal tak bisa membuang seluruh muatan sampah dari tubuh sehingga menyisakan asam urat yang umumnya menumpuk di persendian. Jika berlangsung terus-menerus, asam urat akan menjadi akut dan menyebabkan sakit yang amat sangat, terutama ibu jari kaki. Bahkan tersentuh sedikit saja, rasanya sakit bukan main.

Salah satu cara terbaik mengatasinya dengan menurunkan kadar asam urat perlahan-lahan melalui konsumsi makanan yang benar. Pilihlah menu berbahan purin rendah seperti buah-buahan. Jika ingin memasak, Anda bisa memadukan bahan seperti tempe, tahu, oncom, dan susu tanpa lemak. Bahan makanan ini bisa dikonsumsi dalam porsi normal setiap hari.

Anda boleh sesekali memadukan dengan bahan makanan berpurin sedang, seperti ikan, daging sapi, buncis, kapri, asparagus, jamur, bayam, ayam, kacang-kacangan kering, kembang kol, telur, keju, hingga selai kacang. Semua bahan ini boleh dikonsumsi dalam jumlah terbatas selama 3 – 5 hari dalam seminggu.

Salah satu cara lainnya adalah membuang asam urat melalui urin. Untuk itu, Anda harus minum 8 – 12 gelas per hari. Bisa juga ditunjang dengan buah-buahan yang mengandung banyak cairan seperti melon, jambu air, dan semangka.

Jadi, untuk penderita asam urat, kendalikan jenis makanan yang biasa Anda konsumsi. Niscaya, dengan pola makan dan hidup yang menyehatkan, badan pun akan sehat selalu.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help