Roti Jala Ubi Saus Karamel untuk Sarapan Cantik

Roti jala yang dipadukan dengan ubi ungu dan disajikan dengan saus karamel ini pastinya istimewa kita nikmati sebagai sarapan cantik

Roti Jala Ubi Saus Karamel untuk Sarapan Cantik
sajiansedap.com
Roti jala yang dipadukan dengan ubi ungu dan disajikan dengan saus karamel ini pastinya istimewa kita nikmati sebagai sarapan cantik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Roti jala yang dipadukan dengan ubi ungu dan disajikan dengan saus karamel ini pastinya istimewa kita nikmati sebagai sarapan cantik. Umumnya, roti jala bercita rasa asin gurih dengan tambahan saus daging. Sesekali memberikan twist dengan menyajikannya manis tentu ide yang bagus.

Untuk membuat adonan roti jala ini, kita akan mencampur ubi ungu dengan tepung terigu dan susu. Hasilnya adalah kue yang bercita rasa creamy, namun tidak berlebihan karena disajikan tipis-tipis. Sajikanlah roti jala ini panas-panas dan tuang saus menjelang disajikan agar tidak mengubah tekstur kue.

Yuk, simak langkah-langkah pembuatan roti jala ubi saus karamel ini. Dalam waktu 30 menit saja, Anda bisa menyajikan 10 porsi roti jala. Lumayan, bukan?

Membuat Adonan Roti Jala Ubi

Membuat Adonan Roti Jala Ubi
Membuat Adonan Roti Jala Ubi (sajiansedap.com)

Kukus 200 gram ubi ungu lalu haluskan. Lelehkan 2 sendok makan margarin. Aduk rata dengan 125 gram tepung terigu protein sedang, 3/4 sendok teh garam, 2 butir telur, dan 450 ml susu cair. Tuang adonan roti jala ini ke dalam kantong plastik segitiga.

Memasak Roti Jala

Memasak Roti Jala
Memasak Roti Jala (sajiansedap.com)

Panaskan wajan datar. Coret-coret adonan seperti jala di atas wajan tersebut. Lakukanlah sampai adonan habis.

Menggosongkan Gula Jadi Karamel

Menggosongkan Gula Jadi Karamel
Menggosongkan Gula Jadi Karamel (sajiansedap.com)

Taruh 150 gram gula pasir di dalam wajan. Biarkan mencair kecokelatan. Sekali-sekali goyangkan agar gula di tumpukan atas jatuh ke bawah.

Membuat Saus Karamel

Membuat Saus Karamel
Membuat Saus Karamel (sajiansedap.com)

Tuangkan 150 ml air panas ke gula. Masak sampai seluruh gula mencair. Buat larutan pengental dari 2 sendok teh maizena dan 1 sendok makan air. Masukkan larutan tersebut ke larutan gula. Aduk sampai meletup-letup. Angkat.

Roti jala ubi ungu pun siap kita sajikan dengan saus karamel. Selain menggunakan ubi ungu, kita juga bisa menggunakan ubi putih yang lebih lembut. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera sajikan di rumah.

.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help