Tak Perlu Konsumsi Ikan Mahal, Teri Nasi Khas Medan Pun Kaya Manfaat!

Masyarakat Indonesia tentu sudah akrab dengan teri nasi khas Medan. Ia bisa kita olah menjadi hidangan lezat

Tak Perlu Konsumsi Ikan Mahal, Teri Nasi Khas Medan Pun Kaya Manfaat!
sajiansedap.com
Tak Perlu Konsumsi Ikan Mahal, Teri Nasi Khas Medan Pun Kaya Manfaat! 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Masyarakat Indonesia tentu sudah akrab dengan teri nasi khas Medan. Ia bisa kita olah menjadi hidangan lezat. Meskipun demikian, tak semua orang menyukai teri. Padahal meski ukurannya mungil, ikan teri punya manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Apalagi pertumbuhan tulang Anda.

Seperti kita ketahui, umumnya ikan teri dikonsumsi seluruh bagiannya, dari ujung kepala hingga ekornya. Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang karena ikan teri sangat kaya dengan kandungan kalsium dan fluor. Bahkan dengan berat yang sama, kandungan kalsium teri lebih tinggi dibandingkan susu. Di dalam tubuh, kalsium berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang, kerapatan tulang (massa), sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

Meski demikian, penyerapan kalsium pada teri perlu mendapat sokongan dari vitamin D agar lebih mudah diserap tubuh. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain aneka makanan laut, sereal, keju, telur, dan juga susu. Jadi sebaiknya mengonsumsi teri dipadukan dengan bahan-bahan itu.

Fluor juga punya peran penting khususnya untuk kesehatan gigi. Fluor yang menempel pada email gigi akan membentuk senyawa fluor apatit yang lebih kuat melindungi gigi dari asam. Kehadiran fluor pada gigi akan memperkuat lapisan gigi, mengurangi risiko karies dan lubang pada gigi yang diakibatkan dari zat asam. Itulah mengapa banyak pasta gigi menggunakan fluor sebagai salah satu bahan aktif dalam membuat pasta gigi.

Namun, konsumsi ikan teri juga harus dibatasi karena kandungan proteinnya yang di atas rata-rata. Hasil metabolisme protein ini akan membentuk purin dan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Namun hal ini bisa disiasati dengan banyak meminum air putih agar kandungan purin luruh dan terbawa melalui urin.

Selain itu, sebaiknya pilihlah ikan teri yang tawar agar tidak berpotensi menimbulkan tekanan darah tinggi. Untuk teri yang bercitarasa asin, Anda bisa merendamnya sejenak agar kandungan garamnya tidak terlalu tinggi.

Nah, kini Anda sebaiknya mulai menjadwalkan ikan teri nasi khas Medan ini dalam menu makanan Anda untuk memperoleh semua manfaatnya. Selamat mencoba.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved