Ini yang Akan Terjadi Jika Sepelekan Sarapan

Menurut Ahli Gizi, DR. Marudut Sitompul kepada Nova.id, pada hakekatnya organ pencernaan membutuhkan asupan setelah sepanjang malam tidak mencerna

Ini yang Akan Terjadi Jika Sepelekan Sarapan
kompas.com
Sarapan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sekalipun terdengar sepele, namun sarapan sangat penting bagi tubuh.

Menurut Ahli Gizi, DR. Marudut Sitompul kepada Nova.id, pada hakekatnya organ pencernaan membutuhkan asupan setelah sepanjang malam tidak mencerna makanan sama sekali.

"Misalnya kita terakhir makan pukul 20.00 lalu kita tidur. Tapi organ pencernaan kita tidak tidur. Tanpa disadari dia tetap bekerja. Kenapa pagi kita butuh sarapan, karena semalaman pencernaan tidak ada asupan," jelasnya.

Di pagi hari, glukosa sangat rendah. Padahal untuk beraktivitas, otak dan darah membutuhkan karbohidrat untuk menopang tubuh. Karenanya, asupan makanan sangat dibutuhkan di pagi hari. "Otak dan darah butuh karbohidrat," imbuhnya lagi.

Dalam beberapa kasus dijumpai orang yang pingsan karena melakukan aktivitas tanpa sarapan. Kondisi ini bisa terjadi karena glukosa dalam darah sangat rendah. Bukan hanya sekadar lapar, parahnya bisa terserang hipoglikemia. Dan bila terus diabaikan, maka sel-sel di tubuh akan mati.

"Hipoglikemia bukan hanya lapar. Seperti diketahui sel darah merah butuh glukosa. Bila dibiarkan sampai terjadi hipoglicemia, maka sel akan mati." tutupnya.

Sesuaikan sarapan dengan aktivitas dalam satu hari itu. Kandungan karbohidrat yang cukup akan berguna untuk membangun tenaga. Selain itu, kandungan protein dan lemak pun harus diperhatikan.

Editor: Edinayanti
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help