Berita Banjarmasin

Pertumbuhan Ekonomi Kalsel pada 2017 Diprediksi 5,4 Persen

Pemimpin Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan Harymurthy Gunawan memprediksi pertumbuhan ekonomi 2017 akan meningkat

Pertumbuhan Ekonomi Kalsel pada 2017 Diprediksi 5,4 Persen
banjarmasinpost.co.id/sudarti
Pemimpin BI Perwakilan Kalsel Harymurthy Gunawan saat jumpa pers bulanan di Aula BI terkait perkembangan konomi Kalsel , Rabu (8/2/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemimpin Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan Harymurthy Gunawan memprediksi pertumbuhan ekonomi 2017 akan meningkat seiring dengan membaiknya harga komoditas ekspor terutama kenaikan harga batu bara.

"Pertumbuhan ekonomi pada 2017 berada di kisaran 5-5,4 persen dan inflasi terkendali di empat persen plus minus satu persen," jelas Hary, pada jumpa pers bulanan, Rabu (8/2/2017).

Pertumbuhan ekonomi itu didorong oleh membaiknya kinerja ekspor khususnya batu bara dan mulai menggeliatnya investasi yang didukung pembiayaan yang meningkat.

Perbaikan ekspor diperkirakan akan berlanjut tak hanya ditopang oleh ekspor komoditas, tetapi juga produk manufaktur yang prospeknya terus membaik.

Pertumbuhan ekonomi Kalsel masih didominasi oleh sektor pertambangan khususnya batubara dan CPO sebagai andalan komoditas ekspor.

Sementara, tekanan inflasi bersumber dari komponen kebijakan pemerintah, seperti rencana penarikan subsidi elpiji 3 kilogram, kenaikan harga BBM non subsidi, penghapusan subsidi TDL 900 VA.

Penulis: Sudarti
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved