Serambi Ummah

Begini Pengalaman Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Hidup di AS

Kehidupan di Amerika Serikat yang multikultural dengan berbagai macam ras sempat membuatnya kaget.

Begini Pengalaman Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Hidup di AS
istimewa
Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Hidayat Ma'ruf saat di Amerika Serikat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebagai seorang muslim, banyak pengalaman berharga didapat Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Hidayat Ma'ruf yang sempat tinggal di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat.

Ma'ruf sempat tinggal lama di negeri Paman Sam pada tahun 2008 silam. Saat itu dirinya mendapatkan kesempatan mengambil kuliah satu semester di Ohio State University Amerika Serikat kala mengambil kuliah S3 di Universitas Negeri Malang.

Kehidupan di Amerika Serikat yang multikultural dengan berbagai macam ras sempat membuatnya kaget.

"Ternyata di Amerika Serikat, terutama di wilayah sekitar kampus saya, tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, mereka (masyarakat) sangat toleransi," katanya memulai kisah kepada Serambi Ummah.

Masyarakat Amerika Serikat, kata Ma'ruf menghargai setiap individu. "Menyalip antrian adalah hal yang sangat memalukan di sana," kenang dia.

Masyarakat Amerika Serikat, kata dia juga sangat peduli dengan tragedi kemanusiaan yang terjadi terhadap muslim seperti di Palestina.

"Harus dibedakan masyarakat dan pemerintahannya. Saat saya di sana, bahkan ada gerakan protes kekerasan di Palestina oleh masyarakat setempat. Mereka protes terhadap pemerintah Amerika Serikat agar bisa ikut berpartisipasi menuntaskan kekerasan di sana," katanya.

Yang juga cukup menarik, saat dirinya bertemu seorang supir bus kulit hitam. Awalnya, sang supir terlihat biasa saja.

"Setelah lama-lama kenal, dia akhirnya tahu profesi saya seorang guru. Setelah tahu, dia langsung memanggil saya mister, padahal biasanya panggil guys," katanya.

Ini artinya, masyarakat Amerika Serikat sendiri sangat menghormati profesi seorang guru.

Halaman
12
Penulis: Rahmadhani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help