Cara Makan Ini Bisa Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil

Mengatasi mual pada ibu hamil ternyata bisa dilakukan lewat pola makan yang tepat. Walau memiliki anak menjadi salah satu hal yang diidam-idamkan

Cara Makan Ini Bisa Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil
sajiansedap.com
Saat bangun tidur, usahakan ngemil makanan yang ringan dan segar seperti puding buah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mengatasi mual pada ibu hamil ternyata bisa dilakukan lewat pola makan yang tepat. Walau memiliki anak menjadi salah satu hal yang diidam-idamkan pasangan suami istri, namun rasa mual terkadang memang tidak tertahankan.

Memang, dalam kehamilan, ada calon ibu yang merasakan bahwa kehamilannya mulus-mulus saja, namun tak jarang juga wanita yang hamilnya 'bermasalah'. Dari rasa mual, enek, hingga muntah, terkadang disebabkan oleh hal-hal yang tidak masuk logika.

Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, rasa tidak nyaman yang biasa disebut morning sickness ini banyak orang duga sebagai bentuk manifestasi dari perubahan hormon dalam tubuh. Gangguan ini juga bisa diakibatkan lambung yang kosong sehingga asam lambung meningkat.

Tingkat gangguan rasa mual ini juga bermacam-macam. Ada yang ringan-ringan saja, mual cukup berat, hingga muntah (hyperemesis gravidarium) yang menyebabkan tubuh terasa lemas karena tak ada makanan yang masuk. Situasi inilah yang membahayakan ibu dan bayi karena tak ada asupan nutrisi. Apalagi jika Anda wanita bekerja. Tentu keadaan tersebut akan sangat mengganggu aktivitas di kantor.

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Salah satunya jangan membiarkan perut kosong yang dapat meningkatkan asam lambung sehingga berakibat mual. Saat bangun tidur, usahakan ngemil makanan yang ringan dan segar seperti puding buah. Di dalamnya kita bisa memasukkan komponen susu yang mengandung vitamin B, zat yang dapat mengurangi rasa mual. Crackers yang gurih-asin juga bisa kita santap untuk mengisi perut agar tidak mual.

Calon ibu, sebaiknya Anda makan sedikit-sedikit saja, tetapi frekuensinya cukup sering untuk menjaga asam lambung tetap stabil. Hindari makanan bercita rasa kuat seperti makanan pedas, asam, dan bersantan karena dapat memperberat kerja lambung. Hal penting yang harus ibu hamil perhatikan adalah pemilihan menu yang variatif. Ibu hamil juga tidak boleh kekurangan cairan. Selain itu, suasana hati harus senantiasa terjaga riang gembira dalam memulai hari Anda. Pasalnya, apa yang calon ibu rasakan konon bisa calon buah hati rasakan pula.

Dengan menjaga pola-pola hidup dan makan tersebut, niscaya mengatasi mual pada ibu hamil tidak mustahil kita lakukan. Selamat mencoba dan semoga ibu serta jabang bayi selalu sehat. (sajiansedap.com)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved