Ini Manfaat Mengambil Cuti Kerja pada Hari Senin

Banyak karyawan memanfaatkan waktu cutinya biasanya pada hari jumat. Alasan penghujung akhir pekan menyebabkan hari Jumat sengaja dipilih

Ini Manfaat Mengambil Cuti Kerja pada Hari Senin
istock
Banyak karyawan memanfaatkan waktu cutinya biasanya pada hari jumat. Alasan penghujung akhir pekan menyebabkan hari Jumat sengaja dipilih agar suasana liburan bisa lebih terasa. Padahal, ada banyak pilihan hari lainnya seperti hari senin yang bisa Anda manfaatkan untuk menikmati masa santai tanpa harus terbebani beban pekerjaan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banyak karyawan memanfaatkan waktu cutinya biasanya pada hari jumat. Alasan penghujung akhir pekan menyebabkan hari Jumat sengaja dipilih agar suasana liburan bisa lebih terasa. Padahal, ada banyak pilihan hari lainnya seperti hari senin yang bisa Anda manfaatkan untuk menikmati masa santai tanpa harus terbebani beban pekerjaan.

Kalau Anda tidak suka hari Senin, coba ambil hari libur atau cuti pada hari itu dan pergilah berlibur tanpa perasaan bersalah, kata seorang psikiater dan penulis Karen R Koenig.

Berikut ini ada sejumlah manfaat mengambil cuti kerja pada hari senin, seperti yang dilansir oleh Bustle dan Boldsky:

Hari senin pagi biasanya lebih macet daripada beberapa hari lainnya
Sadar atau tidak, banyak orang di kota-kota besar khususnya di Jakarta akan berangkat lebih pagi di hari senin dari hari lainnya. Hari senin dianggap menjadi penanda aktivitas di awal pekan sehingga banyak orang sudah memiliki daftar kegiatan kerja untuk seminggu ke depan.

Selain itu, bagi Anda yang bekerja dengan jarak tempuh jauh ke kantor, mengambil cuti di hari senin akan meminimalisasi tingkat stres terhadap kemacetan jalan raya. Jadi, tak ada salahnya memilih cuti kerja di hari senin.

Memanfaatkan waktu santai sambil beristirahat setelah berlibur di akhir pekan

Jika Anda berpergian bersama keluarga di hari sabtu dan minggu misalnya ke pantai atau ke taman rekreasi. Tak ada salahnya menyisakan waktu satu hari saja untuk mengembalikan energi setelah dua hari penuh berjalan-jalan ke luar kota atau tempat wisata. Manfaatkan waktu Anda untuk tidur atau dan beristirahat.

Hari senin biasanya lebih murah

Tidak mutlak, sih, jika semua pusat perbelanjaan atau restoran memberlakukan menu lebih hemat kantong di hari senin. Tapi, ada beberapa fasilitas hiburan yang umumnya lebih murah di hari senin ketimbang hari lainnya seperti hari jumat atau akhir pekan. Salah satunya adalah harga menonton bioskop yang lebih murah di hari senin sampai kamis.

Secara umum, beberapa tempat wisata di Jakarta juga memberi potongan harga lebih murah karena biasanya hari senin hingga kamis pengunjungnya terbilang sepi dan akan mulai ramai kembali di hari jumat hingga minggu.

Rencanakan makan siang dengan sahabat ataupun pasangan Anda
Daripada terus-menerus mengeluh tentang pekerjaan yang harus Anda lakukan pada hari Senin, jadwalkan untuk bertemu sahabat ataupun pasangan sebelum hari Senin berakhir. Anda akan merasa lebih senang setelah bertemu dengan mereka dan tidak lagi merasa jenuh pada hari Senin.

“Beberapa orang harus menunggu hingga akhir pekan untuk bersama dengan orang yang disayangi, tetapi tidak ada salahnya untuk memulainya lebih cepat pada hari Senin untuk memberikan dukungan dan motivasi menghadapi pekerjaan lima hari ke depan,” kata psikolog klinins Kim Chronister.

Berbusana lebih rapi
Perasaan Anda akan menjadi lebih senang kalau Anda bisa tampil sebaik mungkin. Pada malam sebelumnya, siapkan pakaian yang bisa membuat Anda terlihat lebih baik untuk menghadapi hari Senin. perempuan atau pria yang tampil baik akan bisa menaklukkan pekerjaannya seminggu ke depan.

Editor: Edinayanti
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved