Berita Baritokuala

Pilkada Barito, KPU Bagi Wilayah Jadi Tiga Zona

Ketua KPU Batola, Nanang Kaderi menjelaskan, tidak ada pembagian zona atau daerah pemilihan pada Pilbup dan Wabup 2017 ini.

Pilkada Barito, KPU Bagi Wilayah Jadi Tiga Zona
banjarmasinpost.co.id/huda
Satu jam lamanya, petugas bergerak mulai pengawalan jalan darat dari KPU menuju Desa Sungai Teras Dalam Kecamatan Tabunganen. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Alalak merupakan satu dari lima daerah yang memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) gemuk.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Alalak, Mansyur menjelaskan, tidak ada penanganan khusus untuk ini. Proses tetap sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. "Kami berdasarkan aturan saja pak, yang mana yang tercantum di DPT, yang jelas kami kepanjangan tangan dari KPU kami penyelenggara harus teliti dan sesuai proses dan ketentuan berlaku," kata dia.

Jika berkaca dalam Pemilihan Gubernur kemarin, di Alalak ini, dari sekitar 42 ribu pemilih, yang hadir mencoblos surat suara hanya sekitar 25 ribu saja atau 55 persen. "Paling tidak untuk meningkatkan itu, perlu sosialisasi lagi dan mudah-mudahan dengan ini bisa meningkat," kata dia sembari menyebutkan jumlah DPT di daerahnya sebanyak 37.757 pemilih yang masuk di DPT.

Ketua KPU Batola, Nanang Kaderi menjelaskan, tidak ada pembagian zona atau daerah pemilihan pada Pilbup dan Wabup 2017 ini. Namun KPU hanya sempat membagi untuk zona kampanye menjadi tiga wilayah.

"Zona 1, termasuk Kuripan, Tabukan, Bakumpai, Marabahan, Cerbon, Barambai. Zona II, masuk Rantau Bedauh, Wanaraya, Belawang, Jejangkit, Mandastana, Alalak. Sedangkan Zona III yakni Anjir Muara, Anjir Pasar, Tamban, Mekar sari, Tabunganen," urainya.

Diterangkan Nanang Kaderi, maksud dan tujuan dibagi tiga wilayah ketika masa kampenye ini agar tidak terbenturan kampanyenya masing-masing pasangan calon. "Jadi agar teratur guna menciptakan iklim kondusif, dan tidak berbenturan, makanya dibagi. Akan tetapi sekali lagi, kalau pemilihan nantinya tidak ada kategorian wilayah berdasar daerah, karena tidak sama dengan Pileg sebelumnya," kata dia.

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved