BanjarmasinPost/

Rahasia "Vlog" Wisata Laris Dilirik Sponsor

Sudah berwisata keliling dunia, gratis ongkos perjalanan dan penginapan, masih pula dapat bayaran, tentu terdengar menggiurkan.

Rahasia
Thinkstock/lzf
Ilustrasi aktivitas mengabadikan diri menggunakan kamera depan ponsel saat berwisata, baik selfie maupun video blog. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Sudah berwisata keliling dunia, gratis ongkos perjalanan dan penginapan, masih pula dapat bayaran, tentu terdengar menggiurkan. Lebih menggoda lagi, peluang seperti itu ternyata memang benar-benar ada.

Tren pembuatan video blog (vlog), misalnya, dapat menjadi salah satu pintu bagi peluang tersebut. Tentu ada rahasianya, agar vlog mendatangkan banyak sponsor dan uang.

Pengemasan, merupakan rahasia pertama untuk itu. Di sini, durasi vlog memegang peran kunci.

“Ingat Anda bukan mengambil gambar atau membuat film utuh,” ucap Dan, pemilik blog “This World Rocks”, seperti dimuat situs web The Travel Hack, Senin (31/3/2014).

Menurut Dan, durasi maksimal vlog sebaiknya hanya 3 menit agar penonton tak bosan.

Berpatokan pada hal itu, dia mengaku sengaja mengemas vlog besutannya dalam gaya movie trailer alias cuplikan film.

Rahasia kedua ada pada pemilihan gambar dalam pengeditan vlog. Semakin banyak variasi gambar yang diambil—dari angle sampai teknik pengambilannya—akan memudahkan editing dan memaksimalkan hasilnya.

Namun, kedua rahasia di atas juga tak akan mendatangkan penonton apalagi sponsor bila cerita yang disajikan tak menarik.

“Pikirkan ide cerita dari setiap video yang akan Anda buat,” ujar Mark Wiens, pemilik sekaligus pendiri situs web migrationology.com dalam salah satu tulisannya di blog wisata kuliner tersebut pada 2014.

Menurut Wiens, cerita akan membuat orang tertarik dan penasaran menonton sampai akhir. Dia menambahkan, vlogger—pembuat vlog—harus berani tampil di depan kamera alias inframe, sehingga penonton dapat mengenali dirinya.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help