Berita Banjarbaru

500 Pedagang Pasar Bauntung Nunggak Rp 2 Miliar, Siapa yang Disalahkan?

Edy membenarkan jika di Bauntung ada 500 pedagang yang sewa kios dan los. " Kadang bayar kadang tidak, akhirnya menumpuk tunggakkan sebanyak itu"

500 Pedagang Pasar Bauntung Nunggak Rp 2 Miliar, Siapa yang Disalahkan?
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Sehari jelang hari raya Idul Fitri, Pasar Bauntung Banjarbaru diserbu masyarakat, Selasa (5/7/2016) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sebanyak lima ratus pedagang di Pasar Bauntung  nunggak Rp 2 miliar. Kabid Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjarbaru Edy Purwanto. Menurut Edy, tunggakan itu dimulai sejak tahun 2007 silam.

Edy membenarkan jika di Bauntung ada 500 pedagang yang sewa kios dan los. " Kadang bayar kadang tidak, akhirnya menumpuk tunggakkan sebanyak itu," katanya.

Tapi satu sisi, Edy tak mutlak menyalahkan pedagang. Pihaknya membuat kajian tentang pangkal masalahnya. Dia menemukan tiga penyebab utama.

"Pertama, banyaknya pedagang dadakan yang berkerumun di jalan di luar pasar. Pembeli kadang lebih senang belanja di luar. Ketimbang masuk ke dalam pasar. Kedua, ketatnya persaingan antar pasar tradisional dengan pasar modern," katanya.

Tak bisa dipungkiri, menurut dia, kemunculan ritel-ritel modern membuat sebagian masyarakat malas ke pasar tradisional.

Faktor lain menurut Edy, dampak perekonomian nasional beberapa tahun terakhir. Daya beli masyarakat melemah. " Untuk itu, sebelum menagih tunggakan, kami mau sosialisasi dulu," tegasnya.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help