Ternyata Bawang Putih Benar-benar Bisa Mengusir "Vampir"

Tahukah Anda kalau bau bawang putih ampuh untuk mengusir nyamuk? Di India, ada minyak oles yang mengandung 1% ekstrak bawang putih

Ternyata Bawang Putih Benar-benar Bisa Mengusir
shutterstock
Bawang Putih 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tahukah Anda kalau bau bawang putih ampuh untuk mengusir nyamuk? Di India, ada minyak oles yang mengandung 1% ekstrak bawang putih untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga yang dapat bertahan hingga 8 jam. Bahkan minyak ekstrak bawang putih ini bisa untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.

Bukti lain mengatakan, bila mengonsumsi bawang putih, nyamuk tidak akan menggigit kita. Pasalnya, zat dalam bawang putih yang termetabolisme dalam tubuh akan mencapai organ kulit dan pernapasan.

Walaupun sulit terdeteksi, ternyata nyamuk menggunakan alat penciumannya sebelum menggigit. Zat karbondioksida dan laktik, serta bau belerang yang dikeluarkan lewat pernapasan pada mereka yang mengonsumsi bawang putih dapat tercium oleh nyamuk dari jarak 36 m sehingga nyamuk pun enggan menggigit.

Namun perlu diingatkan, suplemen bawang putih jangan diberikan pada wanita hamil, sedang menyusui, mengalami anemia, atau orang yang menghadapi operasi. Karena bawang putih bisa mengencerkan darah.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved