BanjarmasinPost/

Travel

Ini Dia 7 Seni dan Wisata Banjar Diusulkan Jadi Warisan Budaya Indonesia

Taman Budaya Provinsi Kalsel mengusulkan Tari topeng Banjar, Kuda gipang, Wayang Gong Banjar, Musik Panting, Sinoman Hadrah dan mendulang intan dikuku

Ini Dia 7 Seni dan Wisata Banjar Diusulkan Jadi Warisan Budaya Indonesia
istimewa via banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Kuda gepang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Taman Budaya Provinsi Kalsel mengusulkan Tari topeng Banjar, Kuda gipang, Wayang Gong Banjar, Musik Panting, Sinoman Hadrah dan mendulang intan dikukuhkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia di Jakarta.

"Sebenarnya ada satu lagi yang diusulkan yakni balogo. Berbagai pertimbangan, kita mengusulkan Mamprandetasi saja untuk menjadi WBTB," papar Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Drs H Fachrurazie, Selasa (14/2/2017).

"Semoga ketujuhnya bisa lolos dalam sidang dengan tim penguji sebanyak 15 orang profesor dari berbagai bidang di Jakarta, 21-23 Februari 2017," jelasnya seraya mengatakan di antaranya mantan Dirjen Kebudayaan Prof Edi Sediawati,

Menurut dia, untuk mengusulkan menjadi WBTB harus memenuhi syarat diantaranya ada data kajian ilmiah baik skripsi, tesis dan bahan hasil penelitiaan.

"Ada video proses dari awal dan foto serta harus mengisi quesioner yang sudah diregistrasi dirjen kebudayaan," papar Fachrurazie.

Dia menambahkan sudah ada 17 karya warisan budaya tak benda Indonesia berasal dari Kalsel di antaranya sasirangan, arguci, mamanda, baksa kembang, rumah Banjar bubungan tinggi, madihin, balamut, musik Kuriding, tempat wisata Pasar Terapung, wayang kulit. (*)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help