BanjarmasinPost/

Berita Banjarmasin

Ingin Minum Wedang Uwuh, Tidak Perlu Jauh-jauh ke Yogyakarta

Menurut Murba, wedang uwuh adalah minuman yang bahan bakunya dedaunan.

Ingin Minum Wedang Uwuh, Tidak Perlu Jauh-jauh ke Yogyakarta
tribun jogja
Wedang uwuh

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bagi warga Banjarmasin yang ingin mencoba wedang uwuh, minuman khas Imogiri, Kecamatan Bantul, Provinsi DI Yogyakarta, bisa mampir ke Gudeg Jogja Budhe, di Jalan KS Tubun Nomor 35 Banjarmasin.

"Selain menu-menu gudeg, kami juga menyediakan wedang uwuh," kata Ibu Bernadetta Murbaningsih yang akrab dipanggil Murba, pemilik Gudeg Jogja Budhe, Kamis (16/2/2017).

Menurut Murba, wedang Uwuh merupakan minuman khas Imogiri, Kecamatan Bantul Pada awalnya wedang uwuh hanya ada di satu angkringan di dekat makam keluarga raja Mataram saja, namun sekarang sudah banyak yang mengenal dan mengonsumsinya di berbagai angkringan di Yogyakarta.

Bahkan, sudah ada juga di daerah lain meski tidak sebanyak di Yogyakarta. "Nah bagi yang ingin wedang uwuh, sekali silahkan mampir ke tempat kami," kata Murba.

Menurut Murba, wedang uwuh adalah minuman yang bahan bakunya dedaunan. Bahan bakunya rempah khas Indonesia, yaitu daun dan ranting cengkeh, daun pala, daun manis jangan, kayu secang, jahe, ditambah gula batu.

"Macam-macam rempah itu diseduh dengan air mendidih, kemudian diseruput sedikit demi sedikit. Wedang uwuh sangat bagus untuk kesehatan dan daya tahan tubuh," ucap Murba.

Menurut Murba, Gudeg Jogja Budhe juga menyediakan menu-menu gudeg dan brongkos, ayam kampung goreng, empal daging, hingga tahu tempe bacem.

Begitu masuk Gudeg Jogja Budhe akan terasa nuansa Jogja karena di depot tersebut tersedia menu-menu gudeg. Tempatnya bersih dan tertata rapi. Di depot Gudeg Jogja Budhe tersedia nasi gudeg dengan lauk pelengkapnya.

"Selain nasi gudheg, ada sambal goreng krecek, areh ayam kampung, telur dan tahu yang tak kalah lezatnya dengan gudeg di kota asalnya, Yogyakarta," kata Murba.

Penulis: Edibpost
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help