BanjarmasinPost/
Home »

Bisnis

» Makro

Gelontorkan Rp 500 Miliar, Menhub Undang Investor Bangun Jalur KA Trans Sulawesi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkunjung ke rumah dinas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, Jumat (17/2/2017).

Gelontorkan Rp 500 Miliar, Menhub Undang Investor Bangun Jalur KA Trans Sulawesi
Kompas.com/Achmad Fauzi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (6/10/2016) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKASSAR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkunjung ke rumah dinas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, Jumat (17/2/2017) malam.

Dalam pertemuan yang berlangsung singkat tersebut, Menhub Budi dan Gubernur Syahrul berbincang mengenai perkembangan sejumlah infrastruktur di Sulsel dan wilayah lain di Sulawesi.

Sejumlah poin yang dibicarakan antara lain pengembangan bandara Toraja serta perkembangan pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi yang menghubungkan kota Makassar dan Pare-pare.

Menurut Menhub, pada tahun ini pihaknya fokus menyelesaikan 30 kilometer jalur Trans Sulawesi agar segera beroperasi. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 500 miliar.

Namun, dari total jalur sepanjang 146 kilometer tersebut masih panjang yang belum diselesaikan. Untuk itu, Menhub mengundang investor untuk turut masuk ke proyek ini pada tahun depan.

"Biasanya kalau sudah ada yang beroperasi, investor akan tertarik," kata Menhub di Makassar, Jumat (17/2/2017).

Sekadar informasi, anggaran untuk proyek kereta api Trans Jakarta berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan APBD .

Proyek ini digarap bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Barru.

Proyek yang dikerjakan sejak 2015 ini dibangun double track dan tidak sebidang dengan jalan raya. Strategi ini akan meminimalisir kecelakaan kereta akibat adanya persimpangan dengan jalan raya yang dilalui kendaraan bermotor.

Rencananya, kereta api Trans Sulawesi dapat mencapai kecepatan hingga 200 kilometer per jam. (KOMPAS.com)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help