BanjarmasinPost/
Home »

Video

Mobil Bioskop Keliling Riwayatmu Kini

Sejak 2014, Kalsel telah memiliki mobil bioskop keliling. Namun hingga kini mobil bernilai miliaran rupiah itu belum dimanfaatkan optimal.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak 2014, Kalimantan Selatan (Kalsel) telah memiliki mobil bioskop keliling. Diserahkan oleh Kemendikbud RI pada 2014 kepada UPTD Taman Budaya Kalsel untuk dioperasionalkan.

Namun, hingga 2017 ini, mobil bioskop keliling (bioling) bernilai miliaran rupiah belum dimanfaatkan optimal sebagai fasilitas memutar film berkaitan dengan kebudayaan dan kesenian daerah.

Padahal, untuk di Kalimantan, hanya Kalsel dan Kalbar yang mendapatkan mobil bioling. Fasilitas bioling berupa mobil jenis OB van yang dilengkapi peralatan pemutar film yang cukup lengkap. Pengoperasionalannya pun cukup mudah dan praktis.

Selama ini, mobil bioling tersebut baru sebatas dimanfaatkan untuk memutar film di lingkungan Taman Budaya Kalsel. Film yang diputar bisa berupa film lokal maupun nasional yang sarat pesan edukasi.

Rabu (15/2/2017) malam, Taman Budaya Kalsel mengoperasionalkan bioling di lingkungan setempat, memutar film edukatif. Kegiatan ini bekerja sama dengan sekolah di Banjarmasin di antaranya SMKN 2 Banjarmasin serta Forum Sineas Banua.

Sejak sore, beberapa petugas sibuk mempersiapkan bioling tersebut. Lantaran telah terampil, mereka sangat cekatan dan cepat merangkai dan memajang layar lebar berukuran sekitar 4X6 meter yang kemudian didirikan di depan panggung. Kursi-kursi untuk penonton juga disiapkan.

Sayang cuaca kurang bersahabat, sejak magrib hujan mengguyur Kota Banjarmasin. Petugas pun terpaksa memindahkan pemutaran film ke gedung Sanggar Melukis Solihin, masih di lingkungan Taman Budaya Kalsel. Meski begitu antusias kalangan pelajar di kota ini tetap menggebu menyaksikan film yang diputar.

Hujan deras yang mengguyur Kota Banjarmasin, tak menyurutkan Adinda, Yusuf, Rifki, Raehan dan kawan-kawan serta guru pendamping Broadcasting dari SMKN 2 Banjarmasin mendatangi Taman Budaya Pronvisi Kalsel di Jalan Hassan Basry, Banjarmasin.

Usai salat Magrib, Yusuf berangkat dari rumahnya, Jalan Handil Bhakti, Batola hanya sekadar ingin tahu bagaimana rasanya menyaksikan bioskop keliling ala gerimis bubar (misbar) milik UPTD Taman Budaya Kalsel. Apalagi, mobil bioskop keliling bernilai miliaran rupiah yang merupakan bantuan dari Kemendikbud itu sudah ada sejak 2014 di Taman Budaya Kalsel.

"Saya belum tahu kaya apa gerang nonton bioskop kelilling dan nonton di alam terbuka. Walau pun hujan, saya tetap turun dari rumah untuk memenuhi rasa penasaran tersebut," kata siswa kelas X ini.

Halaman
1234
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help