BanjarmasinPost/

Berita Banjarbaru

Pemko Banjarbaru Siapkan Ratusan Tosa dan Komposter Terkait Masalah Ini

"Wacana sekda beli tosa seluruh banjarbaru, 100 lebih tosa, minimal satu rw ada satu tosa"

Pemko Banjarbaru Siapkan Ratusan Tosa dan Komposter Terkait Masalah Ini
Mukhtar Wahid/BPost
Ilustrasi motor angkutan sampah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sekda Kota Banjarbaru, H Said Abdullah mewacanakan Pemko Banjarbaru akan siapkan motor tosa sebanyak ratusan unit, jadi minimal satu RW satu tosa. Hal ini salahsatu langkah untuk atasi sampah di hulu.

"Wacana sekda beli tosa seluruh banjarbaru, 100 lebih tosa, minimal satu rw ada satu tosa," ucap Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Banjarbaru, Fahrudin membenarkan soal wacana itu.

Juga dari sampah yang terkumpul agar dijadikan pupuk, sehingga pupuk bisa dijual kembali. " Nanti komposter juga disiapkan, alat untuk kompos ini di tahun 2017 disiapkan 125 unit. Mudahan tercapai kedepannya 300-400 unit komposter," katanya.

Apakah hanya motor tosa dan komposter, menyoal sampah diharapkan juga geliat bank sampah di Banjarbaru kembali bergairah. Karena dinilai dia bank sampah sudah macet.

"Bank sampah juga mandek, nanti dievaluasi, bank sampah lima kecamatan seharusnya lima bank sampah induk. Sekarang ada 80 bank sampah, dan satu bank sampah induk, tidak ideal. Perlu digiatkan lagi, untuk menahan sampah di hulu. Perbanyak komposter di perumahan-perumahan, " katanya.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help