BanjarmasinPost/

Berita Banjarbaru

Soal Kelola Sampah di Banjarbaru, Tunggu Peraturan Wali Kota

Kini diketahui sudah 120 ton perhari. Pemko Banjarbaru putar otak, sejumlah terobosan bakal dilakukan mulai dari kebijakan hingga perangkat keras

Soal Kelola Sampah di Banjarbaru, Tunggu Peraturan Wali Kota
TRIBUN KALTIM/CORNEL DIMAS
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Seiring terus berkembangnya pemukiman, sampah di Kota Banjarbaru terus membludak.

Kini diketahui sudah 120 ton perhari. Pemko Banjarbaru putar otak, sejumlah terobosan bakal dilakukan mulai dari kebijakan hingga perangkat keras untuk kelola sampah.

"Kini, di Banjarbaru volume sampah itu 120 ton perhari, perwali sudah kami siapkan. Disebutkan pada perwali itu nantinya, tiap perumahan dengan luasan diatas dua-lima hektar wajib bangun TPS sendiri. Sampah tak boleh keluar lagi, bahkan harus dipilah diantaranya jadikan pupuk," tegas Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Banjarbaru, Fahrudin, Jumat (17/2).

Dia mengatakan, kalau hanya pemerintah kota sendiri yang berupaya atasi sampah jelas berat sekali. Jadi perlu dibantu oleh pihak swasta atau pengembang.

"Perumahan-perumahan 'lawas' juga akan kami gugah. Agar sipakan pekerja untuk mengelola sampah. Agar sampah terminimalisir, sampah tidak bis terus diterima. Dari Hulu harus kita stop," katanya.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help