Kecantikan

Ternyata Penuaan Kulit Tidak Hanya Keriput Saja

“Penuaan kulit itu sebenarnya bertahap, paling utama terlihat dari bagian kulit terluar,” ujarnya.

Ternyata Penuaan Kulit Tidak Hanya Keriput Saja
kompas.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Seringkali wanita mengeluhkan ketakutannya akan tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput dan flek. Namun, penuaan kulit ternyata lebih dari sekadar perubahan yang kasat mata saja.

Usai acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, Selasa (14/2/2017), Dr Eddy Karta SpKK menjelaskan arti dari penuaan kulit yang sebenarnya.

“Penuaan kulit itu sebenarnya bertahap, paling utama terlihat dari bagian kulit terluar,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pada dasarnya kulit normal mengelupas setiap 28 hari. Akan tetapi, pada kulit yang mulai mengalami penuaan, pengelupasan pada kulit ini menjadi lebih lambat.

Akibatnya, terjadi salah satu tanda penuaan kulit, yaitu kulit kusam.

Lalu, dr Eddy juga menjelaskan bahwa kulit yang lebih lama mengelupas ini bisa disebabkan oleh faktor usia atau dehidrasi.

“Terlalu kering ini juga bisa disebabkan oleh make up, bisa karena terlalu lama di ruangan yang ber-AC, atau masuk kendaraan yang AC-nya langsung terkena ke wajah. Itu sering kan dan bikin kering,” tambah dr Eddy.

Untuk itu, bisa dibilang bahwa pada saat kulit kering, pengelupasan kulit menjadi lebih lambat dan tanda-tanda penuaan dimulai.

Beberapa tanda penuaan pada kulit, seperti yang disebutkan dr Eddy adalah kulit menjadi lebih gelap, kusam, dan lebih hitam. Hal ini disebabkan karena kulit matinya menumpuk.

Oleh karena itu, jangan tunggu hingga munculnya keriput untuk mulai melakukan pencegahan.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help