Badai Paling Dahsyat Dalam 6 Tahun Terakhir Hantam California, Begini Kerusakannya

Badai paling dahsyat dalam enam tahun terakhir melanda wilayah selatan California, Amerika Serikat, Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB (18/2/2017)

Badai Paling Dahsyat Dalam 6 Tahun Terakhir Hantam California, Begini Kerusakannya
Mark RALSTON / AFP
Sebuah apartemen di Los Angeles, California, AS, hancur tertimpa pohon tumbang menyusul badai paling dahsyat yang melanda wilayah itu dalam enam tahun terakhir, Jumat (17/2/2017) waktu setempat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LOS ANGELES - Badai paling dahsyat dalam enam tahun terakhir melanda wilayah selatan California, Amerika Serikat, Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB (18/2/2017).

Bencana ini memaksa dilakukannya perintah evakuasi terhadap warga yang permukimannya terkena dampak badai.

Badai disertai hujan deras memutus aliran listrik akibat pohon-pohon tumbang.

Ratusan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Los Angeles ditunda dan bahkan dibatalkan.

Otoritas di bandara menyebutkan, ada 64 penerbangan yang dibatalkan dan 269 ditunda akibat badai ini.

Sementara, seperti diwartakan AFP, petugas dinas pemadam kebakaran menyebutkan, ada satu orang tersengat aliran listrik akibat kabel yang putus tertimpa pohon tumbang.

Pohon tumpang dilaporkan memutuskan setidaknya 150 saluran listrik.

Selain itu, ada sejumlah orang yang terdampar di sisi Sungai Los Angeles dan harus diselamatkan menggunakan perahu karet.

Badai terakhir yang datang dengan hujan angin terjadi tak hanya di California selatan, tapi juga di bagian tengah negara bagian itu, hingga ke pesisir San Francisco.

Warga di Kota Duarte, yang tinggal di kaki pengunungan the San Gabriel sebelah timur Los Angeles pun telah mendapat perintah evakuasi.

Sementara ancaman tanah tanah longsor pun mengintai, sehingga permintaan evakuasi suka rela pun disebar kepada warga di Camarillo Springs, di utara Los Angeles.

"Badai ini sepertinya menjadi yang terbesar yang menghantam wilayah barat daya California pada musim ini," ungkap pihak Layanan Cuaca Nasional di Los Angeles.

Warga di kawasan yang berisiko pun diminta waspada dengan ancaman pohon tumbang dan putusnya kabel listrik.

Disebutkan pula, wilayah utara negara bagian itu, -di mana pekan lalu tanggung di danau Oroville jebol dan memaksa evakuasi hampir 200.000 orang, diprediksi tak akan dilanda hujan deras. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved