Banjarmasin Heritage Society Gencar Promosikan Banjarmasin sebagai Kota Pusaka

“Kami maunya Banjarmasin tidak hanya menjadi Kota Pusaka ternama di Indonesia, tapi juga bergema pada level dunia,” ucap Yasmin Qamarani.

Banjarmasin Heritage Society Gencar Promosikan Banjarmasin sebagai Kota Pusaka
istimewa
Pengurus Banjarmasin Heritage Society mengunjungi Klenteng di Jalan Veteran 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kawasan Kota Lama, Banjarmasin, kini kian terawat dan elok. Ternyata di balik kondisi ini ada peran tangan-tangan kreatif masyarakat dan sejumlah komunitas.

Salah satu komunitas yang sangat perhatian terhadap upaya pelestarian dan mengenalkan Kota Lama adalah Banjarmasin Heritage Society. Ini adalah komunitas kumpulan para Nanang Galuh (Naga) Banjarmasin 2014, pemerhati lingkungan dan kumpulan pencinta Budaya Banjar.

Aktivitas yang dilakukan yakni membaur dengan komunitas lain dan masyarakat di kawasan Kota Lama. Keluwesan Banjarmasin Heritage Society dalam berkomunikasi mendapat tempat tersendiri di kawasan Kota Lama.

Bisa dibilang, Banjarmasin Heritage Societ garda terdepan dalam upaya melindungi benda peninggalan sejarah, khususnya bangunan cagar budaya di Banua.

“Kami selalu berupaya berkarya untuk Banua, meski komunitas kami baru dibentuk beberapa waktu lalu,” ucap Yasmin Qamarani, aktivits Banjarmasin Heritage Society, Rabu (22/02/2017).

Wakil I Galuh Banjarmasin 2014 ini mengatakan komunitasnya dibentuk guna memperkenalkan dan mengangkat Banjarmasin yang masuk dalam daftar 11 Kota Pusaka di Indonesia.

"Sekarang Banjarmasin kan terkenal dengan wisata buatan di tengah kota seperti Taman Siring," sebutnya, kemarin.

Perempuan cantik ini menegaskan tujuan dibentuknya Banjarmasin Heritage Society yakni ingin Banjarmasin lebih dikenal sebagai Kota Pusaka.

“Kami maunya Banjarmasin tidak hanya menjadi Kota Pusaka ternama di Indonesia, tapi juga bergema pada level dunia,” ucap Yasmin.

Kegiatan yang telah dilakukan antara lain melakukan kunjungan ke berbagai cagar budaya. Di antaranya mengunjungi Rumah Banjar yang beraad di Sungai Jingah.

"Di sana kan ada rumah-rumah Banjar yang masih asli. Nah, ini perlu dilestarikan juga," ucapnya.

Selengkapnya simak beritanya di Harian Banjarmasin Post edisi Kamis (23/02/2017)

(khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help