Ekonomi dan Bisnis

Berjualan Gunakan Mobil Makin Menjamur, Begini Kata Pengamat Ekonomi Unlam

Menjamurnya usaha yang menggunakan mobil dalam berjualan merupakan ide usaha baru bagi pemula sangat kreatif dengan modal murah. Modal murah karena ta

Berjualan Gunakan Mobil Makin Menjamur, Begini Kata Pengamat Ekonomi Unlam
banjarmasinpost.co.id/hasby
Ahmad Yunani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjamurnya usaha yang menggunakan mobil dalam berjualan merupakan ide usaha baru bagi pemula sangat kreatif dengan modal murah. Modal murah karena tanpa harus menyewa tempat yang relatif mahal dan dapat memilih tempat strategis secara mudah serta dapat mengejar kerumunan konsumen.

Dosen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan FEB ULM, Ahmad Yunani mengatakan, namun hal itu menimbulkan masalah kalau berada di jalan umum dapat mengganggu ketertiban lalu lintas dan kenyamanan dalam berlalu lintas.

"Praktek usaha ini sudah lumrah di luar negeri dan berbagai daerah di Indonesia, namun di Kalsel terutama Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru terbilang baru," katanya, Rabu (22/2/17).

Dia juga mengatakan, masyarakat mulai banyak melakukan ini, baik sekedar memanfaatkan bagasi mobil, kabin atau bahkan memodifikasi untuk menjadi tempat berjualan. Umumnya banyak ditemui saat ada acara pameran atau bazar, keliling komplek perumahan dan ada yang dipinggir jalan umum.

Berjualan seperti menggunakan mobil cukup unik sehingga konsumen tertarik sehingga peluang pasar terbuka, keuntungan didepan mata cukup lumayan dengan biaya murah.

Kebanyakan kendaraan yang dipakai dimodifikasi sedemikian rupa agar menarik sesuai keperluan usaha.

Keuntungan lainnya adalah berjualan seperti ini dapat bergerak kemana pun untuk mencari spot usaha yang ramai dan mudah beda dengan usaha toko selain mahal, terbatas dan hanya menunggu pelanggan.

Jenis usaha yang dapat menggunakan mobil juga beragam seperti jualan buah, makanan ringan, kue, kuliner seperti ice cream, burger, juice. Fashion seperti pakaian, jam, kacamata, tas dan lain sebagainya, jualan pulsa, hasil kerajinan.

Tips menjalankan usaha ini adalah dengan memilih lokasi berjualan yang dapat banyak menjaring konsumen, memilih tempat-tempat yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Biasanya lokasi dapat di sekolahan, kampus, kawasan perkantoran, dan pusat-pusat perbelanjaan. Walaupun dapat berpindah-pindah, waktu mangkal jangan berpindah-pindah agar konsumen dapat secara pasti apabila mencari kembali pada hari berikutnya agar pelanggan tidak hilang.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help