NEWS VIDEO

Yayasan LHBI, Tak Hanya Merehabilitasi Tetapi Juga Memberikan Keterampilan

Institusi Penerima Wajib Lapor Yayasan Lentera Harapan Bumi Indonesia (IPWL LHBI) Banjarmasin merupakan wadah rehabilitasi bagi para pengguna narkoba.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Institusi Penerima Wajib Lapor Yayasan Lentera Harapan Bumi Indonesia (IPWL LHBI) Banjarmasin merupakan wadah rehabilitasi bagi para pengguna narkoba.

Tempat Rehabilitasi yang diketuai oleh Mini Nor Awalia J ini beralamatkan di Jalan Sultan Adam, Kompleks Mandiri IV sedangkan kantor sekretariatnya berada di Jalan Saka Permai.

Institusi yang sebelumnya merupakan sebuah lembaga ini berganti status menjadi yayasan dan efektif berjalan pada Mei 2016.

"LHBI memberikan pelatihan keterampilan berbagai keahlian kepada para klien (sebutan pengguna narkoba yang direhab). Di antaranya membuat sasirangan, membuat sendal hotel, membuat etalase, membuat pot kembang, dan otomotif," terang Dili Perdana Putra, Konselor Perawat di LHBI.

Dili menjelaskan kegiatan keterampilan tersebut dilakukan pada siang hari sekitar pukul 13.00 Wita. Durasi pembelajaran yang diberikan menyesuaikan dengan ketersediaan waktu dari pengajar, sekitar 1-2 jam setiap hari. Kegiatan keterampilan ini menyesuaikan pula dengan jadwal harian yang dibuat oleh para konselor.

Yayasan LHBI memiliki dua tempat, tempat pertama yaitu sekretariat. Sekretariat ini difungsikan sebagai bagian administrasi para klien. Di tempat ini digunakan pula sebagai lahan usaha di antaranya usaha air minum galon dan penjualan gas elpiji.

Tempat kedua yakni mess bagi para klien, sebuah rumah dilengkapi 2 buah kamar, satu dipergunakan untuk konselor dan satunya untuk klien. Satu buah kamar klien tersebut ada 4 ranjang tingkat untuk delapan orang klien yang dibina. Terdapat pula ruangan depan, ruang makan, dan satu kamar mandi. (Banjarmasinpost.co.id /Amirul Yusuf/Mariana)

Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved