Lifestyle

Siapa Bilang Tak Bisa Akur Sama Saudara Tiri, Keluarga Ini Membuktikannya

Di sebuah sinetron, kadang sering digambarkan ketidakharmonisan antara seseorang dengan saudara tirinya.

Siapa Bilang Tak Bisa Akur Sama Saudara Tiri, Keluarga Ini Membuktikannya
istimewa
Keharmonisan keluarga Rajendra D Wiritanaya SH dan Riris Permatasari meski ada anak tiri di antara mereka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Di sebuah sinetron, kadang sering digambarkan ketidakharmonisan antara seseorang dengan saudara tirinya. Namun, tak semua hal yang berhubungan dengan saudara tiri akan menyedihkan.

Ya, banyak orang yang sudah membuktikan bahwa mereka malah lebih harmonis dan rukun bersama dengan saudara-saudara tirinya.

Seperti yang dialami Keluarga Rajendra D Wiritanaya SH dan Riris Permatasari. Mereka hidup dengan empat anak yang sangat akur yakni sang kakak Inge Nur az-Zahra (13), lalu Kevin Omar Aziz Batubara (9), Daun Shere Titian Batubara (8) dan Sofia Shaliha (2).

Inge merupakan anak bawaan Rajendra dari istri pertamanya yang sudah meninggal (alm) Widyawati sementara Kevin dan Share anak bawaan dari Riris. Sedang Sofia merupakan anak Rajendra dan Riris.

Riris mengaku agar akur dengan saudara tiri, sikap adil dirinya selaku orangtua diperlukan. Memang, ini bukan hal mudah.

Terhadap anak kandung saja bisa timbul sikap berpihak, apalagi terhadap anak tiri. Untuk itu, dibutuhkan kedewasaan orangtua.

Riris memberikan contoh mudah bila ada salah satu anak saling mengadu, dia tidak langsung bertindak berlebihan namun selidiki dulu masalah yang sebenarnya, dengan mendengarkan kedua belah pihak yang berselisih.

"Bila perlu, kumpulkan saksi. Kayak sidang juga soalnya bapaknya kan seorang jaksa," kata Riris senyum.

Setelah itu dilakukan lanjut dia orang tua dalam memberikan penghargaan maupun hukuman pun harus dilakukan dengan konsisten.

"Keadilan dalam memberikan hukuman dan penghargaan harus konsisten. Jangan nanti si A si B dan si C diberikan yang berbeda dengan kesalahan atau keberhasilan yang sama," lanjut dia.

Halaman
12
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help