Berita Otomotif

Dealer Tolak Klaim Kerusakan Mobil yang Dirubah Tak Sesuai Spesifikasi

Mengganti velg mobil asli dengan velg mobil variasi tidak masalah sepanjang ukuran ban dan ukuran ban itu sama atau sesuai.

Dealer Tolak Klaim Kerusakan Mobil yang Dirubah Tak Sesuai Spesifikasi
Tribunnews/ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mengganti velg mobil asli dengan velg mobil variasi tidak masalah sepanjang ukuran ban dan ukuran ban itu sama atau sesuai. Namun, jika mobil diganti spesifikasinya yang tidak sesuai, maka maka akan menggugurkan masa garansi mobil.

"Seperti mobil SUV dan MPV dipakai untuk mobil tambang, maka akan menggugurkan masa garansi jika terjadi kerusakan mesin," kata Branch Manager PT Mitra Megah Profitamas, di Jalan A Yani Km 2,5 No 6 Banjarmasin, Benny Agung Prasetyo, Selasa (28/2/17).

Menurut Benny, begitu pula dengan power sterring mobil yang rusak karena ukuran velg dan ban yang tidak sesuai, maka dealer akan menerima klaim kerusakan meski masih masa garansi. Klaim kerusakan mobil akan dilayani jika spesifikasi mobil itu masih standar dan sesuai aslinya.

Di lapangam, sambungnya, juga banyak terjadi mobil biasa diseting untuk balapan sehingga sering terjadi kerusakan. Kerusakan mobil karena mobil diseting untuk balapan, juga tak akan dilayani klaim kerusakan meski masih masa garansi.

Menurutnya, mengganti velg mobil standar ke velg varasi tak masalah selama ukuran ban dan velg itu masih sesuai. Seperti mengganti velg menjadi motif hitam tak masalah sepanjang ukuran velg dan ban itu sesuai.

"Mobil akan terlindungi garansi selama kondrat mobil itu tidak dirubah," tegas Benny.

Benny menyarakankan boleh-boleh saja mobil dirubah lebih cantik namun sebaiknya jangan sampai menjadi bumerang bagi pemilik mobil. Jangan sampai mengganti velg standar ke velg variasi itu akan mengganggu kinerja dan fungsi mobil itu sendiri. (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help