Telapak Kaki Pecah Bikin Risih, Ini Cara Mengatasinya

“Biasanya di bagian-bagian itu akan terasa pegal. Lama-kelamaan kulitnya akan menebal dan mengeras. Bikin risih jadinya,” ucap Risna.

Telapak Kaki Pecah Bikin Risih, Ini Cara Mengatasinya
SehatWanita
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Telapak kaki merupakan bagian kaki yang penting. Bagi sebagian orang, telapaknya ada yang dibiarkan saja, apa adanya tanpa perawatan khusus.

Namun bagi sebagian yang lain ada juga yang senang merawatnya. Biasanya, kaum hawa yang rutin merawatnya.

Memang, telapak kaki bukan bagian tubuh yang tersembunyi. Meski begitu, sebaiknya tetap harus dirawat secara baik. Soalnya, telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah bisa mengurangi kecantikan penampilan.

Bagian telapak kaki yang biasanya bermasalah adalah tumit dan kedua sisi kaki serta kulit di bawah jempol dan kelingking. Tumit biasanya pecah-pecah dan berkulit tebal. Hal ini bisa disebabkan oleh terlalu sering memakai sepatu atau sandal yang berhak tinggi.

Saat mengenakan sepatu atau sandal berhak tinggi, biasanya bagian kaki memang akan tertekan karena menahan berat badan. Apalagi, posisi kaki berjinjit ketika memakainya sehingga menyebabkan telapak kaki akan memiliki beban yang sangat berat untuk menahan berat badan.

Lebih parah lagi, jika Anda bertubuh gemuk. Pastinya bakal kian memperparah pemecahan dan penebalan kulit telapak kaki.

“Biasanya di bagian-bagian itu akan terasa pegal. Lama-kelamaan kulitnya akan menebal dan mengeras. Bikin risih jadinya,” ucap Risna, warga Banjarmasin, Selasa (28/02/2017).

Ia mengaku termasuk perempuan yang suka memakai sandal atau sepatu berhak tinggi (high heels). Karenanya dirinya kerap mengalami penebalan pada kulit di telapak kakinya bahkan hingga pecah dan mengeras.

Apalagi dirinya senang berjalan-jalan tanpa kendaraan bermotor atau hanya berjalan kaki. Kadang, karena terlalu sering berjalan kaki, membuat telapaknya pegal dan bisa membuat kulitnya lama kelamaan menebal juga.

“Kalau telapak kaki pecah-pecah, biasanya sih karena sering terkena panas. Misalnya tanah atau lantai yang panas,” sebut Risna.

Ingin tahu lebih detil tentang persoalan kulit tumit beserta solusi mengatasinya? Simak beritanya di Banjarmasin Post edisi, Rabu (01/03/2017).

(yayu fathilal)

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved