Berita Banjarmasin

Wow, Silat Kuntau Kalsel sebagai Warisan Budaya Dunia

Kuntau atau bakuntau selama ini dikenal sebagai seni bela diri yang berkembang di Kalimantan Selatan sejak lama.

Wow, Silat Kuntau Kalsel sebagai Warisan Budaya Dunia
Banjarmasinpost.co.id/Yayu Fathilal
UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan menggelar pertunjukan seni "Mambawa Langkah Manjunjung Adat" yang dikemas dalam pementasan kuntau, Jumat (25/2/2017) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kuntau atau bakuntau selama ini dikenal sebagai seni bela diri yang berkembang di Kalimantan Selatan sejak lama.

Bahkan, di zaman penjajahan Belanda, kuntau ini sudah ada dan berkembang di masyarakat Banjar.

Kuntau ternyata menurut Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, H Fahrurazie, sedang diusulkan oleh Kemendikbud ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk diakui sebagai warisan budaya tak benda dunia.

“Dari kami waktu itu diminta memberikan usulan ke Kemendikbud. Kami mengusulkan kuntau atau bakuntau ini. Lalu oleh Kemendikbud diusulkan ke UNESCO, sekarang sedang diproses. Dari daerah lain juga ada, yaitu tari Saman dari Aceh juga diusulkan ke UNESCO,” terangnya, Selasa (28/2/2017).

Tentu hal ini adalah kabar baik bagi orang-orang Banjar. Pihaknya juga akan terus berupaya melestarikan kebudayaan-kebudayaan Banjar lainnya agar tak punah.

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved