Ekonomi dan Keuangan

Imbas Pencabutan Subsidi Listrik 900 VA, UMKM Naikkan Harga?

"Ada kekhawatiran kalau tarif listrik naik tentu akan berpengaruh pada biaya produksi"

Imbas Pencabutan Subsidi Listrik 900 VA, UMKM Naikkan Harga?
banjarmasinpost.co.id/elhami
Sirup Batumandi merupakan salah satu produk UMKM Balangan yang menjadi unggulan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Selatan khawatir dengan kenaikan tarif dasar listrik yang diberlakukan pemerintah sejak awal 2017 ini akan berdampak pada usahanya.

"Ada kekhawatiran kalau tarif listrik naik tentu akan berpengaruh pada biaya produksi. Selain untuk penerangan, yang penting untuk produksi," kata Sudirwo, SE, Wakil Ketua VIII HIPMI Kalsel Bidang UKM, Koperasi dan Pengembangan StartUp, Kamis (2/3/17).

Menurutnya, selama ini rata-rata pelaku UMKM mengeluarkan biaya sebesar Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu tiap bulan untuk pemakaian listrik dengan daya 900 VA tersebut.

Penggunaan listrik selain untuk kebutuhan rumah tangga, juga untuk keperluan usaha pembuatan berbagai olahan makanan, minuman, dan lainnya.

Menurutnya, kenaikan dan pencabutan subsidi listrik 900 VA akan menjadikan ekonomi masyarakat melemah, ditambah kondisi perekonomian belum menunjukan peningkatan tahun kemarin.

"Jumlah masyarakat penerima subsidi mencapai 18,7 juta kepala keluarga, terbesar dari pelaku UMKM, kalau ini dicabut berdampak pada potensi sosial karena daya beli masyarakat masih rendah dan produksi dari UMKM akan menurun," katanya.

Sudirwo mengatakan jika satu kepala keluarga terdiri dari lima jiwa maka jumlah jiwa yang terdampak pencabutan subsidi dan kenaikan listrik mencapai hampir 100 juta warga Indonesia.

"Yang sekarang bisa dilakukan berupaya menimalisasi dampak, dan menyesuaikan harga barang di pasar," kata Sudirwo, yang juga pemilik LKP Primasada Banjarbaru ini.

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved