Pendidikan

Kenali Sejak Dini Bakat Anak Melalui Ekstra Kurikuler

Konsep ekstrakurikuler itu intinya pengembangan diri bakat dan potensi anak yang selama ini belum disalurkan.

Kenali Sejak Dini Bakat Anak Melalui Ekstra Kurikuler
BANJARMASINPOST.CO.ID/EDI NUGROHO
Akhmad Syaikhu 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ingin anak tumbuh maksimal sehingga bakat dan potensinya tersalur, maka orangtua berperan mengenali sejak dini bakat anak dan selanjutnya memberikan dorongan ke anak.

Konsep dari kegiatan pendidikan ekstrakurikuler itu intinya lebih ke wadah pengembangan diri bakat dan potensi anak yang selama ini belum disalurkan.

Sebagai orangtua sebaiknya sejak dini sudah memantau, memperhatikan dan melihat secara detail minat, bakat dan kemampuan anak di luar bidang akademis.

"Sebagai orangtua tentu harus bisa melihat bakat dan minat anak secara detail," kata Akhmad Syaikhu Kepala Humas IAIN Antasari Banjarmasin yang juga Ketua Lajnah Falakiyah PWNU Kalsel, Jumat (3/7/17).

Menurut Syaikhu, hobi anak, kesukaan dan kegemaran harus diketahui orangtua sejak dini. Jika anak itu punya prestasi di bidang tertentu maka harus menjadi perhatian penuh dari orangtua.

Masing-masing anak biasanya punya bakat dan minat yang unik. Namun, anak karena perkembangan tingkat usia, kadang anak belum bisa mengidentifikasi bakat dan minat secara tajam.

"Nah di sinilah peran orangtua untuk bisa membantu mengidentifikasi bakat, minat dan kemampuan anak," ujarnya.

Untuk membantu mengembangkan minat dan bakat anak di bidang ekstrakurikuler, sebaiknya orangtua bisa lebih instensif berkomunikasi dengan guru bimbingan konseling di sekolah. Dari guru bimbingan konseling tersebut, orangtua bisa mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangam bakat anak. (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help