Berita Tanahlaut

Besok Bupati Tanahlaut Buka Musabaqah Qiroatul Kutub, Ponpes Darussalim Batibati Jadi Tuan Rumah

Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalim di Desa Batibati, Kecamatan Batibati, Kabupaten Tanahlaut, Senin (6/3/2017) esok, meriah lomba MQK

Besok Bupati Tanahlaut Buka Musabaqah Qiroatul Kutub, Ponpes Darussalim Batibati Jadi Tuan Rumah
banjarmasinpost.co.id/yayat
Musabaqoh Qiroatul Kutub 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalim di Desa Batibati, Kecamatan Batibati, Kabupaten Tanahlaut, Senin (6/3/2017) esok, meriah. 

Itu karena ponpes tersebut menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK) ke-VI tingkat Kabupaten Tanahlaut

Ponpes Darussalim, terkenal santrinya kerap mewakili Kabupaten Tanahlaut berlomba di tingkat Provinsi Kalsel.  Namun, rontok kalah bersaing dengan santri dari Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai. 

Prestasi santri Darussalim mewakili Kalsel hanya saat Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional, belum lama ini di DI Yogyakarta yaitu menampilkan musik dan tarian senoman hadrah.

MQK adalah ajang lomba para santri dalam hal kemampuan membaca kitab klasik atau kitab bertulisan huruf arab yang tidak diberi harakat atau baris. 

Kitab klasik itu kerap disebut kitab kuning atau kitab gundul. Sebab untuk bisa membaca dan memakai atau mengartikan, santri minimal menguasai ilmu bahasa arab, ilmu nahwu dan ilmu syaraf.

Ada beberapa cabang lomba yang digelar, semuanya masih berkaitan dengan kemampuan mengartikan kitab klasik bidang keilmuan khusus, seperti tentang fikih, tarikh atau sejarah, ilmu tafsir dan ilmu hadis. 

Pemenang lomba MQK akan mewakili Kabupaten Tanahlaut untuk berlomba di jenjang tingkat Provinsi Kalsel hingga tingkat nasional. 

Sayuti, seorang panitia pelaksana lomba MQK mengaku pembukaan lomba akan dihadiri Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah, sekaligus berkenan membuka event tersebut. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved