Berita Bisnis

Emas Antam Hari Ini Turun Rp 3 Ribu Per Gram

Harga emas Antam termonitor turun Rp 3 ribu per gram, Rabu (8/3/17). Pantauan di Butik Emas Antam Jalan A Yani kilometer 3 Banjarmasin

Emas Antam Hari Ini Turun Rp 3 Ribu Per Gram
banjarmasinpost.co.id/sudarti
Salah seorang karyawan Butik Emas Logam Mulia Banjarmasin memperlihatkan kepingan emas yang diperjualbelikan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Harga emas Antam termonitor turun Rp 3 ribu per gram, Rabu (8/3/17). Pantauan di Butik Emas Antam Jalan A Yani kilometer 3 Banjarmasin, harga normal untuk penjualan di Banjarmasin Rp 595.000 dan harga per gram Rp 578.000.

Marketing Representative Assistant Manager Butik Emas Logam Mulia Banjarmasin, Erna Nur Hidayatie membenarkan emas Antam lagi turun. Saat ini stok mulai ukuran 0,5 gram sampai 250 gram tersedia di Butik Emas Logam Mulia Banjarmasin.

Masyarakat semakin sadar dan tertarik untuk melakukan investasi emas. Mayoritas memilih investasi emas untuk tujuan mengamankan kekayaannya, mempertahankan nilai beli masa depan, mencukupi masa rencana depan dan untuk menambah kekayaan.

Dosen FEB Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Dr H Ahmad Yunani mengatakan, logam mulia emas selalu menjadi primadona dalam investasi karena kebal inflasi dan tahan goncangan ekonomi, disamping itu emas juga tinggi likuiditasnya kapan saja bisa diuangkan saat memerlukan dana segar.

Investasi menabung emas yang efektif adalah dengan membeli saat murah dan menjual saat mahal, menabung untuk rencana masa depan seperti naik haji, umrah, travelling, membangun rumah, ruko, menikah, pendidikan, liburan, beli mobil, buka usaha dll, menabung emas yang produktif untuk modal usaha.

Dalam hal ini emas digunakan sebagai pelindung kekayaan, makin tinggi inflasi maka semakin baik harga emas dan orang semakin panik terhadap ketidakpastian ekonomi. Hal inilah yang mengakibatkan stok emas kurang karena banyak masyarakat yang mengalihkan pengamanan kekayaan dan daya belinya dengan membeli emas.

"Bila harga emas konstan maka laju inflasi rendah harga emas cenderung menurun. Sehingga bisnis emas tidak rentan inflasi karena zero inflation effect sehingga dapat dikatakan investasinya disebut safe haven karena aman dan stabil," katanya.

Dia juga menjelaskan, dengan spesifikasi emas berstandar LBMA yang diproduksi perseroan, produk emas batangan PT Aneka Tambang Tbk termasuk dalam kriteria produk emas yang dapat diinvestasikan dari dana repatriasi program tax amnesty.

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 122/PMK.08/2016 tentang penempatan investasi di luar pasar keuangan dalam rangka pengampunan pajak.

Manajemen PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) menyatakan belum mengetahui adanya rencana pengenaan pajak penghasilan (PPh) pasal 22 sebesar 0,45 persen dari harga jual transaksi pembelian emas batangan.

"Aturan tersebut dinilai bakal membebani kinerja penjualan perusahaan tambang pelat merah tersebut," imbuhnya.

Menurutnya, dengan ada ekspansi hilirisasi komoditas yang dimiliki perusahaan, dan terbitnya PP No. 1 tahun 2017 tersebut terutama dengan terbukanya peluang ekspor potensi bijih tertambang kadar rendah yang belum dapat termanfaatkan atau diolah dalam negeri hal ini akan mengakibatkan langkanya emas dalam negeri.

Pasar emas dapat terus diperluas emas baik domestik maupun internasional. Khusus untuk pasar mancanegara, salah satu yang dibidik adalah pasar Afrika.

Pasar emas memiliki basis pelanggan yang terdiversifikasi dan memiliki relasi jangka panjang dengan konsumen yang terpercaya. Khusus untuk komoditas emas konsumen utama Antam adalah produsen perhiasan.

Antam telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pos Indonesia untuk memanfaatkan 109 kantor pos di Jawa, Bali, Madura, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur sebagai mitra penyedia fasilitas penjualan, pembayaran dan distribusi produk logam mulia.

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved