BanjarmasinPost/

Serambi Ummah

Ingin Hubungan Orangtua dan Anak Harmonis, Inilah Caranya

Makan bersama bersama bareng keluarga mengandung keberkahan dan bisa mengandung kesederhanan atau apa adanya di dalam makanan itu sendiri.

Ingin Hubungan Orangtua dan Anak Harmonis, Inilah Caranya
Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho
HM Ali Alhamidi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ingin hubungan orangtua dan anak harmonis, tentu ada caranya. Satu di antara media membangun hubungan harmonis orangtua dan anak adalah saat makan bersama.

Makan bersama bersama bareng keluarga mengandung keberkahan dan bisa mengandung kesederhanan atau apa adanya di dalam makanan itu sendiri. Saat sudah duduk bersama dengan anak, menantu dan dengan cucu, maka sebaiknya sebelum menyantap makanan itu membaca doa bersama dulu.

"Di makan bersama, kita diajarkan untuk benar-benar komitmen yang dilanjutkan salat berjamaah dalam rangka mengakrabkan dengan anggota keluarga-keluarga kita," kata Drs HM Ali Alhamidi, MAP, Plh Kepala Sekolah SMPN 33 Banjarmasin, Kamis (9//3/2017).

Menurut Ali, saat makan bersama, orangtua punya kewajiban terhadap anak yang belum membaca doa sebelum makan. Anak-anak- dan cucu juga diajak untuk membaca doa agar apa yang dimakan itu lebih berberkah.

"Mari kita doa sebelum makan seperti yang dibaca anak-anak TK atau kita pimpin sebelum makan," ujar Ali.

Di saat makan bersama, sambungnya, itu apa adanya dan tidak memilih makanan yang mewah atau berlebih. Nah, dari makanan itulah yang ditanamkan ke rasa bersyukur ke anak-anak itulah rezeki yang didapat saat ini.

Ali berbagi pengalaman cara berkomunikasi saat makan bersama istri dan anak-anaknya. Mantan Ketua Umum DPW BKPRMI Kalsel 2006-2009 ini sering menanyakan apa aktivitas ketiga anak-anaknya yakni M Hafiz, Ahmad Noorzaki, dan Nida Noor Azkia.

"Saya selalu tanyakan, hari ini Hafiz kemana, lalu Noorzaki ada aktitas apa juga Nida mau kemana. Hari ini masih kuliah nggak?, Pak atau mata kuliahnya apa," kata Ali.

Penulis: Edibpost
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help