Jendela Dunia

Dua Polisi Ini Dijatuhi Hukuman Mati, Ini Gara-garanya

Rangkaian pembunuhan itu telah memicu kemarahan publik dan memaksa Presiden saat itu, Olusegun Obasanjo, membentuk tim

Dua Polisi Ini Dijatuhi Hukuman Mati, Ini Gara-garanya
Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, ABUJA - Pengadilan Nigeria, Kamis (9/3/2017) menjatuhkan vonis hukuman mati kepada dua polisi yang terbukti terlibat dalam pembunuhan enam warga sipil.

Pembunuhan di pinggiran Ibu Kota Abuja itu terjadi hampir 12 tahun yang lalu.

Hakim Ishaq Bello mengatakan, di terpaksa menjatuhkan vonis terberat itu karena Ezekiel Acheneche dan Emmanuel Baba telah melakukan pembunuhan ekstra judisial terhadap orang-orang tak berdosa.

"Kedua terdakwa tidak memperhatikan kesucian jiwa manusia. Mereka tidak hanya terlalu bersemangat tetapi juga sangat sembrono," kata Bello, seperti dikutip AFP.

Sebelumnya enam polisi lain sudah didakwa dengan tuduhan konspirasi dan pembunuhan terhadap enam pedagang etnis Igbo di daerah Apo, Abuja pada bulan Juni 2005.

Rangkaian pembunuhan itu telah memicu kemarahan publik dan memaksa Presiden saat itu, Olusegun Obasanjo, membentuk tim majelis hakim khusus untuk menyelidiki kasus ini.

Aparat Kepolisian di Nigeria selama ini kerap dituduh melakukan pembunuhan ekstra judisial dan juga penangkapan sewenang-wenang.

Namun di antara banyaknya tuduhan tersebut, jarang dari kasus-kasus itu yang diangkat ke meja hijau.

Kedua polisi itu sebelumnya membantah semua tuduhan tersebut.

Mereka mengatakan para pedagang - yang dijuluki "Apo Six", adalah kelompok perampok bersenjata yang menolak untuk menghentikan kendaraan ketika ada pemeriksaan keamanan.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help